Fitur Instagram untuk Menunjang Bisnis Anda

Social media menjadi salah satu media promosi dan peningkatan brand awareness bagi sebuah bisnis. Melihat rendahnya biaya, kedekatannya dengan masyarakat, dan sifat eksklusifnya menjadi alasan utama mengapa sebuah bisnis butuh menggunakan social media. Salah satu social media yang digandrungi oleh masyarakat adalah Instagram.
Social media yang tersedia di IOS, Android dan Webs ini menjadi salah satu social media terbaik tahun 2015 sebagaimana dikutip dari Business Insider. Instagram mempunyai 400 juta pengguna aktif setiap bulan yang memposting atau me-like foto dan video secara berkala. Dengan begitu banyak pengguna aktif, menjadi sasaran yang tepat bagi pebisnis untuk menjaring mereka menjadi publik dari perusahaan. Alhasil, mereka berlomba-lomba untuk menciptakan konten atau tampilan yang menarik. Ada beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pebisnis dalam bisnisnya, diantaranya:
1. Posting Foto dan Video
Kita dapat memposting foto dengan menggunakan filter yang telah disediakan atau aplikasi edit dari Instagram. Video pun dapat diposting sampai durasi 1 menit dimana kita bisa memilih menampilkan suara atau tidak. Ketika memposting foto dan video, kita dapat menuliskan caption untuk penjelasan foto serta tagar (#) yang memudahkan pencarian. Tagar ini dapat dimanfaatkan ketika melakukan kampanye ataupun lomba. Dengan memberikan persyaratan berupa menggunakan tagar, memudahkan perusahaan untuk melakukan pencarian dan mengukur keberhasilan kampanye atau acara.
2. Explore
Pada laman explore, kita dapat melihat foto maupun video yang telah dilike atau dicomment dari following kita. Di halaman ini juga kita bisa melihat trending foto maupun video dari seluruh dunia sehingga kita juga tidak ketinggalan trend. Kita bisa menganalisa kampanye dari orang lain dan mengadopsinya menjadi cara kita. Adapula fitur baru bertajuk picked for you. Fitur itu akan merekomendasikan video-video yang dianggap sesuai dengan ketertarikan pengguna.
3. Following, followers, view, dan like
Following, followers, view dan like menjadi salah satu kategori keberhasilan dalam konten maupun mengadakan kampanye atau event di Instagram.
4. Multi-account
Fitur multiple account ini berfungsi untuk menciptakan dua akun instagram sekaligus dan juga berganti-ganti akun secara mudah, tanpa harus sign out. Selama ini pengguna Instagram yang memiliki lebih dari satu akun memang harus sign out terlebih dahulu jika ingin berganti akun. Namun setelah munculnya fitur yang berjalan di platform Android ini tentunya akan semakin memudahkan pengguna untuk mengelola akun instagramnnya.
5. Geotagging
Ketika memposting foto, dapat menambahkan lokasi diambilnya foto tersebut. Misalnya, ketika membuat bisnis kuliner, kita dapat mengajak food blogger untuk mereview makanan kita di Instagram. Tentunya menggunakan foto serta penjelasan yang mengundang, serta menggunakan geotagging. Orang yang melihat tinggal mengklik geotag untuk mengetahui lokasi pasti.
6. Tag Person
Dalam kampanye atau event, kita dapat mensyaratkan peserta untuk mentag beberapa orang. Jadi kita menggunakan jaringan orang lain untuk menyebarluaskan kampanye atau event. Kegiatan yang dipublikasikan dari mulut ke mulut dari orang yang kita lebih kenal akan lebih dilihat oleh orang tersebut. Ide yang kreatif bukan untuk menyebarkan kegiatan bisnis?
7. Stories
Fitur stories adalah fitur terbaru dari Instagram. Bentuknya mirip seperti Snapchat, dimana kita bisa men-capture atau me-record dan akan hilang dalam waktu 24 jam. Kita juga mampu menambahkan tulisan dan gambar serta menyimpan hal tersebut. Kita mampu untuk memilih kepada siapa stories tersebut akan kita pertontonkan. Fitur ini berguna untuk meningkatkan kedekatan perusahaan/produk dengan khalayak. Masyarakat mampu melihat secara live apa yang terjadi disekitar perusahaan, produk, maupun event yang berlangsung. Yang melihat pun dapat langsung mengkomentari stories sehingga dapat terjadi percakapan.
8. Messaging
Terdapat direct message di Instagram. Seandaikan kita membuat event dan butuh menghubungi pemenang, kita dapat memberikan pesan kepada pemenang event secara langsung melalui DM, praktis bukan?
9. Translate
Dengan kehadiran fitur baru ini, disebutkan bahwa kalangan pengguna Instagram dapat menikmatinya dengan sangat mudah karena ditambahkan pada bagian profile akun pengguna. Pihak Facebook sebagai pemilik dari Instagram menyebutkan, cukup menekan tombol translate, pengguna Instagram dapat memilih bahasa lain untuk ditampilkan.
source:
mediamasha, kompas, beritasatu