Menjaga Hubungan Baik Dengan Konsumen Anda

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pentingnya membangun hubungan dengan konsumen, yang bertahan lama. Karena untuk menjual produk kepada konsumen baru lebih sulit dibandingkan dengan menjual produk kepada konsumen yang pernah membeli produk kita.

Jika Anda membangun hubungan yang ideal antara penjual dan pembeli, maka usaha yang Anda perlukan untuk menjual produk Anda akan lebih mudah. Jadi Anda harus benar-benar fokus untuk menciptakan dan membangun hubungan tersebut. Beberapa hal harus Anda lakukan adalah:

Selalu menjadi diri Anda sendiri – Untuk menjual nilai dan kepercayaan pada konsumen adalah dengan menjadi diri Anda sendiri. Anda tidak perlu mencoba untuk menjadi orang lain untuk mendekatkan diri kepada konsumen, karena itu justru membuat konsumen tidak nyaman.

Automation – Merupakan suatu hal yang penting untuk dapat menanggapi feedback dari konsumen Anda. Jadi luangkan sedikit waktu Anda utuk membalas dan memberikan respon terhadap keluhan dari konsumen Anda.

Quick response – Anda pasti sudah mengerti maksud dari quick response. Salah satu hal yang diinginkan oleh konsumen adalah untuk mendapat respon yang cepat, dengan begitu konsumen Anda tidak perlu berlama-lama menunggu dan merasa menjadi prioritas.

Feedback – menerima feedback dari konsumen juga dapat membantu Anda meningkatkan kualitas produk. Anda dapat mengetahui apa yang kurang bagi produk yang dijual, dengan begitu perkembangan produk Anda meningkat sesuai dengan keinginan konsumen.

Refunds – Anda harus selalu menawarkan jaminan kepada konsumen, seandainya terdapat kerusakan pada produk yang telah dibeli. Dengan begitu, konsumen Anda akan merasa bahwa Anda bertanggung jawab dalam proses jual-beli.

Over deliver – Apakah Anda pernah membeli sesuatu dan ketika barang tersebut sampai ke tangan Anda, Anda mendapatkan barang ekstra sebagai pelengkap? Berarti Anda pernah mengalami pengalaman tersebut, dan ini dapat memberikan apresiasi yang baik terhadap perusahaan yang Anda beli produknya.

Sumber : EzineArticles.com/7988397