Efektivitas Social Networking bagi Aktivitas Pemasaran

Saat ini salah satu tools yang digunakan oleh pemasar yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pemasaran yaitu dengan menggunakan social networking
Social networking yang terdiri dari Facebook, Twitter, LinkedIn, Fan Page, serta media yang lainnya, memberikan peranan yang penting yaitu untuk membangun sebuah hubungan dengan konsumen secara personal.

Social Networking merupakan sebuah komunitas atau wadah sebagai tempat berkumpulnya individu-individu untuk membuat sebuah group untuk membangun hubungan yang baik. Selain itu, situs jaringan sosial tidak hanya bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain secara global tetapi, hal ini juga merupakan salah satu cara efektif untuk melakukan promosi bisnis secara online. Banyak orang yang berpikiran bahwa, sekarang ini di dalam melakukan bisnis secara online dan menggunakan situs-situs jaringan sosial untuk menanggapi permintaan pelanggan. Ini bukan hanya situs media sosial yang digunakan untuk bersosialisasi dengan teman-teman Anda, tetapi juga merupakan sebuah informasi mengenai bisnis yang ada.

Penggunaan jejaring sosial memungkinkan pengguna melakukan perubahan (update), baik itu informasi, status, content, dan lain-lain, setiap saat secara online dengan menggunakan IT sebagai media penyampaiannya. Hal yang membuat jejaring sosial banyak diminati adalah dimungkinkannya berhubungan dengan banyak pihak tidak terkendala dengan faktor jarak dan waktu, hanya membutuhkan usaha dan sumber daya yang minimal, yaitu, cukup dengan tersedianya media IT dan koneksi internet.

Trend penggunaan social network yang terus meningkat, diikuti pula dengan peningkatan penggunaan perangkat bergerak (mobile device) dalam pengaksesan social network. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya mobile internet, diakses oleh berbagai pihak, karena pada saat ini operator-operator telekomunikasi seluler di indonesia menggunakan mekanisme pengaturan tarif yang lebih fleksibel dan kompetitif dibandingkan sebelumnya.

Banyak faktor lain yang menyebabkan meningkatnya jumlah pengguna internet mobile. Menjamurnya peredaran smartphone merupakan faktor utama meningkatnya jumlah netter yang mengakses internet via ponsel. Disusul oleh berbagai ponsel murah yang telah memiliki fitur web browsing. Juga, situs-situs social network sangat populer di Indonesia, sehingga pengguna internet tidak bisa berlama-lama tidak membuka akun social network masing-masing, dan akses via ponsel atau mobile menjadi pilihan utama.