Efektivitas Integrated Marketing Communication Agency Terhadap Brand Awareness

Integrated Marketing Communication (IMC) adalah bagian dari kegiatan marketing yang timbul dikarenakan kebutuhan dari produk untuk mengkomunikasikan diri kepada target audience atau konsumennya. IMC mempunyai andil besar yang membuat suatu brand menjadi top of mind dari konsumen. Kenapa? Karena tujuan dari Integrated marketing communication ialah menaikkan Return of Investment (ROI) yang terbaik dan brandyang kuat dan tinggi. Selain itu, ada pula pengusaha-pengusaha yang belakangan ini telah memakai konsep ini, karena cakupannya sangat luas. Mulai dari efektivitas, efisiensi, investasi dan lain sebagainya yang mencakup waktu, biaya, dan koordinasi komunikasi antar brand atau perusahaan.
Teori Integrated Marketing Communication sendiri merupakan konsep yang di temukan dalam buku Don Schultz pada tahun 1980-an, meski saat ini konsep ini banyak dilontarkan oleh para pakar dengan sudut pandang yang berbeda. Namun, Konsep ini membantu mengintegrasikan pesan komunikasi secara utuh, baik dalam program above the line maupun below the line. Maka dari itu, konsep ini menjadi medium yang sepadan untuk peningkatan proses recall pada brand.
Proses IMC yang melibatkan berbagai elemen promosi dan aktifitas marketing lainnya dalam berkomunikasi dengan customer, itulah yang mulai dilakukan oleh perusahaan dan meminta agency periklanan untuk keluar dari pakem periklanan tradisional. Maka dari itu agency periklanan menyambut baik hal tersebut dengan menggabungkan dan mengembangkan tools dari; public relations, sales promotion, direct marketing dan menyebut diri mereka sebagai Integrated Marketing Communication Agency yang memberikan One Stop Service untuk semua kebutuhan promosi perusahaan.
Pengembangan bisnis yang bisa dilakukan oleh perusahaan dan keuntungannya lewat Integrated Marketing Communications ini adalah para pengusaha akan secara cepat beradaptasi terhadap perubahan teknologi dan media secara menyeluruh seperti, Media internet yang berkembang sangat pesat dengan adanya transaksi online yang dilakukan masyarakat dan perubahan media tradisional seperti TV, Radio, dan Media cetak lainnya yang semakin spesifik dan tersegmentasi sehingga memudahkan customer untuk menerima pesannya.
Jika diterjemahkan kedalam bahasa sederhana IMC dapat diartikan sebagai “Proses dari pengelolaan customer relationships yang menggerakkan brand awareness.” Sedangkan secara spesifik, IMC dapat diartikan sebagai “proses yang mempunyai fungsi bersilang dalam menciptakan dan memelihara hubungan yang menguntungkan dengan kustomer dan klien lainnya dengan mengontrol dan mempengaruhi secara strategis semua pesan yang terkirim kepada kelompok ini serta menggerakkan dialog dengan maksud tertentu kepada mereka.
Integrated Marketing Communications di Indonesia sendiri telah berkembang dengan pesat pula, contohnya pada gadget terutama smartphoneSmartphone, sekarang telah menjadi sesuatu yang wajib dibawa kemanapun di masyarakat. Produk yang di iklankan menggunakan strategi IMC sangatlah berhasil, bagaimana tidak produknya telah mengubah perilaku dari customernya. Pagi, siang, sampai malam bahkan sewaktu ingin tidur sebagian masyarakat tidak dapat lepas dari smartphonenya. Inilah salah satu strategi IMC yang paling baik.