Pengenalan Internet of Things Melalui Event Arduino Day di BSD City

  • Purwadhika Startup & Coding School berkesempatan menjadi bagian dari selebrasi Arduino Day yang secara serentak dirayakan oleh 75 negara di seluruh dunia, Bekerja sama dengan Arduino Indonesia Community berlangsung sejak tanggal 1-2 April 2017
  • Arduino Day merupakan acara perayaan ulang tahun Arduino yang diaksanakan pada tanggal 1-2 April 2017 di BSD City dengan menampilkan karya-karya Internet of Things dari berbagai pengembang Arduino di seluruh Indonesia, workshop pengenalan Arduino, Smart Home, Robotic, STEM Education dan seminar untuk memperkenalkan Internet of Things kepada masyarakat
  • Diadakan secara serentak di 75 negara di seluruh dunia, Arduino Day di Indonesia akan di adakan di Green Office Park 9 – BSD dan diselenggarakan oleh Purwadhika Startup & Coding School beserta Arduino Indonesia Community.

Jakarta, 2 April 2017 – Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Indonesia melalui BSD City bersama dengan Purwadhika Startup & Coding School, salah satu lembaga pendidikan berfokus dalam bidang Startup, Coding, dan Internet of Things pada tanggal 1-2 April 2017 ini akan menyelenggarakan acara Arduino Day di Green Office Park 9 – BSD City. Bekerjasama dengan Arduino Indonesia Community, Arduino day ini diselenggarakan serentak di 75 negara di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Arduino adalah sebuah perusahaan pengendali mikro single-board ini akan menampilkan karya-karya Internet of Things dari berbagai pengembang Arduino di seluruh Indonesia, workshop pengenalan Arduino, Smart Home, Robotic, STEM Education, demo 3D printing, serta seminar untuk memperkenalkan Internet of Things kepada masyarakat

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land pada kesempatan kali ini mengungkapkan, “kami merasa senang karena menjadi bagian dari keriaan hari jadi Arduino Day yang dipercayakan kepada Purwadhika Startup & Coding School sebagai pihak penyelenggara. Kami turut menyemarakan Arduino Day karena kami sadar kebutuhan akan digital kedepanya sehinnga kami fokus memberikan fasilitas digital seperti Purwadhika Startup & Coding School, serta wujud komitmen kami dalam menjadikan BSD City sebagai “The First Integrated Smart Digital City” di Indonesia.”

Purwa Hartono, Founder and President Purwadhika Startup & Coding School menambahkan “Suatu kebanggaan bagi kami karena Purwadhika Startup & Coding School bekerjasama dengan Arduino Indonesia Community dapat menjadi salah satu tuan rumah dalam perhelatan Arduino Day yang dilakukan serentak oleh 75 negara di seluruh. Di era serba digital ini perkembangan dunia Teknologi semakin menyilaukan mata, salah satunya adalah perkembangan Internet of Things (IoT) oleh karena itu kami juga menawarkan program IoT bagi para pelaku industri, remaja, maupun anak-anak yang berminat mengetahui seluk beluk bagaimana internet dapat terhubung kepada kehidupan sehari-hari dan bisnis serta membantu memudahkan manusia baik dari segi industri pemerintah maupun rumah tangga.”

foto-1

Arduino Day

Arduino Day merupakan bagian dari acara perayaan ulang tahun Arduino, perusahaan pengendali micro single-board yang bersifat open-source, dirancang sebagai big thing dalam dunia IT yang akan mempengaruhi semua segi kehidupan manusia baik di industri, pemerintah maupun rumah tangga. Arduino salah satu perusahaan pionir dalam mengembangka Internet of Things (IoT) serta pemasok banyak peralatan inovatif yang kini menjadikan Internet of Things (IoT) dapat berkembang pesat di seluruh dunia.

 

Perayaan ini berlangsung dua hari sejak tanggal 1 sampai dengan 2 April 2017 dimeriahkan oleh serangkaian acara menarik seperti hari Sabtu (1/4) akan ada seminar dan demo gratis mengenai robotic, Smart Home, 3D Printer, dan Internet of Things (IoT), serta akan hadir pula Brilly Nurhalim selaku CEO Eliketronics yang akan membahas mengenai teknologi 3D Printer. Selain itu, pada hari Minggu, (2/4) Aurdino Day akan membahas seminar pengenalan IoT bagi pemula dan pentingnya Science, Technology, Engineering dan Math dalam dunia pendidikan oleh Adiatmo Rahardi selaku CEO Makernesia. Seluruh rangkaian acara Arduino Day ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh siapa pun yang ingin tahu atau tertarik dengan Internet of Things (IoT).

foto-2

Pengembangan komunitas digital di BSD City

Arduino Indonesia Community merupakan sebuah komunitas bagi para pecinta robotik, mikrokontroler, atau lainnya yang menggunakan Arduino sebagai alat untuk berinovasi dalam menciptakan berbagai macam menda yang dapat memudahkan serta mengoptimalkan kualitas hidup manusia di era digital seperti sekarang ini. Arduino Indonesia Community secara rutin mengadakan gathering dan pameran melalu workshop dan pelatihan. Didirikan oleh Adiatmo Rahardi dan Zerfani Yulias sejak 2015 yang kini sudah memiliki beranggotakan lebih dari 15000 orang.

“Dengan diselenggarakannya Arduino Day di BSD City nantinya akan semakin meramaikan komunitas-komunitas digital lainnya untuk bergabung bersama. Terselenggaranya acara ini juga menjadi pembuktian dari komitmen Sinar Mas Land dalam memajukan industri teknologi di Indonesia, serta dalam mentransformasi BSD City menjadi ‘The First Integrated Smart Digital City’ di Indonesia yang memiliki fasilitas dan infrastruktur berbasis teknologi digital”, tambah Irvan.

Sebelumnya, Sinar Mas Land telah sukses menghadirkan beberapa acara-acara komunitas teknologi dan digital seperti acara National Gathering KOMUNITAS AUTOCAD INDONESIA yang diadakan pada September 2016 lalu di The Breeze, BSD City, serta acara The 3rd Indonesia International Robot Show pada Februari 2017 lalu di AEON Mall, BSD City.