ZTE menduduki peringkat pertama dalam 70 Perusahaan Pengguna Dana Terbesar di Dunia untuk Riset dan Pengembangan 2016

ZTE menghabiskan USD 1,9 Milyar atau 12,2% dari pendapatan totalnya untuk riset dan pengembangan, yang merupakan tertinggi kedua di Cina

14 November 2016, Jakarta –ZTE Corporation ( “ZTE”) (H kode saham share: 0763.HK / A kode saham share: 000063.SZ), penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan dan teknologi Internet Mobile terkemuka, mengumumkan bahwa perusahaan telah dinobatkan sebagai salah satu dari 70 perusahaan pengguna dana terbesar di dunia untuk riset dan pengembangan (R&D).

 

Global Innovation 1000 Study tahun 2016 yang diterbitkan baru-baru ini oleh konsultan strategi PriceWaterhouseCoopers LLP (PWC), mengungkapkan bahwa rasio investasi untuk pengeluaran riset dan pengembangan oleh perusahaan China merupakan yang tertinggi di dunia selama periode yang diteliti oleh laporan tersebut. Di antara 10 pengguna dana terbesar untuk riset dan pengembangan di China (lihat tabel di bawah), pemain-pemain di bidang telekomunikasi dan elektronik, software dan internet menyumbang setengah dari total belanja riset dan pengembangan yang dilakukan oleh 10 perusahaan tertinggi tersebut. Secara khusus, ZTE, serta Alibaba, mengalahkan PetroChina untuk pertama kalinya yang berhasil mengklaim dua tempat teratas (sebelumnya selama 11 tahun PetroChina telah menjadi pengguna dana tertinggi untuk R&D di antara perusahaan-perusahaan China yang terdaftar). ZTE, yang menginvestasikan USD 1,9 miliar untuk R & D pada tahun 2016 – 12,2% dari total pendapatan – berada di antara 70 perusahaan pengguna dana terbesar di dunia untuk riset dan pengembangan.

 

Laporan ini mengidentifikasi 1.000 perusahaan terdaftar paling unggul di dunia yang menghabiskan paling banyak dana untuk riset dan pengembangan pada tahun keuangan terakhir (hingga 30 Juni). Di antara mereka, 130 perusahaan berasal dari China (tahun lalu sebanyak 123 perusahaan) dan telah menghabiskan total USD 46,8 miliar di riset dan pengembangan.

 

ZTE telah menyalurkan 10% dari total pendapatan ke riset dan pengembangan selama beberapa tahun terakhir. Investasi riset dan pengembangan dalam enam tahun terakhir melampaui RMB 50 miliar. Alokasi perusahaan untuk riset dan pengembangan bahkan naik lebih jauh lagi dalam dua tahun terakhir ini, menjadi 12,2 miliar pada tahun 2015, tertinggi di antara perusahaan China yang terdaftar. Selain itu, investasi sebesar RMB 7.059 miliar yang disuntikkan ke riset dan pengembangan dalam semester pertama 2016 adalah setara dengan 15% dari total pendapatan ZTE, proporsi tertinggi dalam sejarah perusahaan.

 

Kiprah ZTE dalam riset dan pengembangan di Indonesia

Sebagai wujud dukungan ZTE terhadap perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia, ZTE Indonesia menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga perguruan tinggi. Di antaranya dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Hasanuddin, Makassar. Di ITS, ZTE berkomitmen meningkatkan kompetensi mahasiswa ITS dengan menghadirkan sebuah laboratorium berisi bagian dari solusi e-education milik ZTE. Tak hanya itu ZTE pun memberikan dukungan dana penelitian untuk mahasiswa ITS tingkat akhir.
Di samping dengan ITS, ZTE pun menjalin kerja sama dengan Universitas Hasanuddin dalam menyediakan ‘ICT Training Scholarship’ dan ‘ICT Talents Innovation Centre’ untuk UNHAS. ICT Training Scholarship merupakan beasiswa pelatihan selama 3 bulan di Xidian University jurusan Telecommunication Engineering (Teknik Telekomunikasi). Sedangkan ICT Talents Innovation Centre terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing, yaitu ICT Innovation Centre, ICT Training Centre, dan Joint Research. ICT Innovation Centre merupakan sebuah laboratorium yang nantinya akan dilengkapi dengan peralatan-peralatan canggih yang disediakan oleh ZTE. Selanjutnya, untuk ICT Training Centre, ZTE akan bekerja sama dengan UNHAS untuk menciptakan sebuah kelas pelatihan yang membahas seputar ICT (Information and Communication Technology). Untuk Joint Research, ZTE akan memilih 2 proyek penelitian terbaik dari mahasiswa UNHAS, dan akan dibimbing langsung oleh instruktor dari ZTE.

 

Tabel: 10 Pengguna Dana Tertinggi untuk Riset dan Pengembangan

di Cina Daratan dan Wilayah Region*:

 

2016

Peringkat Perusahaan China

Peringkat 1000 Inovasi Global Perusahaan Sektor Pembelanjaan Riset dan Pengembangan (Unit: USD 1 Miliar) Kekuatan Riset dan Pengembangan
1 61 Alibaba Software dan Internet 2.2 13.6%
2 70 ZTE Komputer dan Elektronik 1.9 12.2%
3 73 PetroChina Kimia dan Energi

 

1.9 0.7%
4 86 China Railway Group Industrial 1.6 1.7%
5 88 Baidu Software dan Internet 1.6 15.3%
6 92 CCRC Corporation Industrial 1.6 4.2%
7 100 Lenovo Komputer dan Electronics 1.5 3.3%
8 102 Tencent Software dan Internet 1.4 8.8%
9 107 China Railway Construction Corporation Industrial 1.4 1.5%
10 112 SAIC Motor Automobile 1.3 1.3%

*Perusahaan Terdaftar

Tentang ZTE
ZTE adalah perusahaan penyedia sistem telekomunikasi terdepan, perangkat mobile, dan solusi teknologi enterprise untuk para konsumen, carrier, perusahaan, dan pelanggan sektor publik. Sebagai bagian dari strategi M-ICT ZTE, perusahaan ini berkomitmen menyediakan inovasi end-to-end terintegrasi untuk para pelanggan demi memberikan mutu tinggi dan nilai dalam sektor teknologi informasi telekomunikasi. Terdaftar di bursa saham Hong Kong dan Shenzhen (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), Produk dan solusi ZTE terjual untuk 500 operator lebih di 160 negara lebih. ZTE berkomitmen menganggarkan 10 persen dari pendapatan tahunan mereka untuk R&D dan memiliki peran dalam kepemimpinan di organisasi bertaraf internasional. ZTE juga memiliki komitmen yang kuat dalam kegiatan sosial merupakan anggota dari UN Global Compact. Silahkan kunjungi website ZTE, www.zte.com.cn.