Pentingnya Membangun Brand Image untuk UKM

Membangun sebuah bisnis baru bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya research pasar yang meyakinkan apakah ada kemungkinan bisnis anda akan diterima oleh masyarakat atau tidak. Selain melakukan research pasar apakah produk akan diterima, amati pula apa sajakah trend yang sedang berkembang di masyarakat dan pelajari peluang-peluangnya. Membentuk sebuah brand image membutuhkan banyak waktu, uang, dan strategi pemasaran yang tepat. Jika tidak, bisnis anda tidak akan bertahan lama atau mungkin saja dalam sekejap saja hilang dari pasaran, karena kalah dengan bisnis kompetitor yang mempunyai strategi yang lebih baik dan jitu.
Mempunyai brand image yang kuat adalah mimpi dari semua pebisnis untuk dapat mensukseskan bisnis yang dijalaninya. Semua strategi dan tools yang dilakukan adalah sebagai contoh sulitnya membentuk sebuah brand image yang baik dan kuat, karena brand akan membawa sebuah perusahaan berdiri menuju puncak kesuksesannya.Banyak sekali manfaat yang ditemukan oleh perusahaan jika sudah mencapai puncak kesuksesannya. Apa sajakah kira-kira manfaat yang akan didapat? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika brand image Anda tumbuh dan semakin kuat.

  1. Memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen
    Tak bisa dipungkiri bila produk yang sudah bermerek atau sudah mempunyai nama dimata konsumen selalu mendapatkan ruang khusus di hati para konsumen. Bahkan tak jarang konsumen pun lebih senang membeli produk yang memiliki merek ternama di bandingkan memilih produk-produk baru yang belum jelas identitasnya. Semakin kuat brand image yang dimiliki sebuah produk, maka semakin besar pula minat dan ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut bahkan mungkin menjadi salah satu produk yang mereka pakai secara berulang.

2. Membuka peluang Anda untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi
Setiap produk yang bagus dan bermerek akan mendapatkan kemakluman dari konsumen jika harganya menjadi tinggi. Bahkan para pelanggan pun tidak perlu ragu ketika mereka harus membayar produk dengan harga yang lebih mahal, karena mereka telah percaya bahwa produk yang mereka beli memang mempunyai kualitas yang benar-benar terjamin.

3. Menjadi ciri tertentu yang membedakan produk Anda dengan produk milik pesaing
Keberadaan merek menjadi kunci utama bagi para konsumen untuk membedakan produk Anda dengan milik para pesaing. Semakin kuat brand yang tertanam dalam benak para konsumen, maka semakin mudah pula mereka membedakan produk anda dengan produk lainnya yang ada di pasaran. Sehingga peluang Anda untuk memenangkan persaingan pasar semakin terbuka lebar dan omset penjualan yang Anda dapatkan pun akan semakin besar.

Sumber:
Bisnis UKM