Efektivitas Integrated Marketing Communication bagi Bisnis Anda

Integrated marketing communication adalah bagian dari kegiatan marketing yang timbul dikarenakan kebutuhan dari produk untuk mengkomunikasikan diri kepada target audience atau konsumennya. Suatu produk diciptakan atau diproduksi dengan suatu tujuan marketing yaitu umumnya produk laku dipasaran. Untuk mencapai tujuan ini tentunya harus dilakukan usaha dan beberapa proses sebelum mencapai tujuan di atas. Menurut Jerome Mc Carthy (1964) bahwa ada 4 elemen penentu keberhasilan produk di pasar, yaitu dikenal dengan teori 4 P (Product, Price, Place & Promotion)
Dalam usaha mencapai tujuan ini salah satu usaha yang dilakukan bahwa produk tersebut harus dikenal oleh konsumennya. Untuk dikenal maka produk harus melakukan komunikasi dengan target audience atau konsumennnya. Kegiatan berkomunikasi ini masuk dalam salah satu elemen 4P dalam teori Mc Carthy yaitu bagian promotion. Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relation( PR), Event, Word of Mouth adalah cara-cara yang digunakan untuk berpromosi atau berkomunikasi dengan target audience atau konsumen. Cara berkomunikasi akan berkembang terus seiring dengan perubahan yang terjadi di masyarakat, bagaimana pola hidup masyarakat akan mempengaruhi cara-cara yang akan digunakan dalam melakukan komunikasi atau berpromosi.
Masing-masing kegiatan promosi di atas juga sangatlah luas dan mempunyai banyak cara. Diperlukan ilmu khusus untuk menangani setiap cara berpromosi atau berkomunikasi. Diperlukan ilmu dan keahlian yang spesifik untuk menangani advertising begitu pula Personal Selling, PR dan lain-lain. Untuk mendapatkan keahlian ini juga perlu pendidikan, pengalaman, waktu dan tentunya usaha untuk belajar terus, karena itu semua kegiatan komunikasi ini akhirnya tidak dapat ditangani oleh hanya satu orang atau satu grup saja, tetapi akan memerlukan beberapa orang atau beberapa grup bahkan perusahaan yang ahli di masing-masing bidang, ada yang ahli di bidang advertising, ahli di personal selling, ahli di sales promotion, dan lain-lain.