Pentingnya Menerapkan Konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu bagi Bisnis Anda

Saat ini perkembangan di bidang pemasaran telah jauh melebihi metode pemasaran tradisional yang ada seperti interaksi dengan konsumen, consumer driven sampai dengan social marketing yang mulai menyebar luas. Hal semacam ini sering disebut sebagai komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communications (IMC). IMC telah mengantarkan era baru di mana pemasar memadukan pesan komunikasi dari seluruh saluran media yang tersedia serta menghasilkan proses brand experience yang berkesinambungan. Sebagai bagian dari strategi pemasaran terpadu yang sukses, IMC mengintegrasikan public relations, advertising online, social media, dan elemen komunikasi lainnya menjadi satu kesatuan yang memiliki pesan dan maksud tujuan yang sama.
Banyak perusahaan yang mulai menerapkan konsep IMC. Alih-alih membagi komunikasi pemasaran menjadi kelompok-kelompok terpisah perusahaan mulai mengintegrasikan semua disiplin pemasaran di bawah satu payung yang dapat menghasilkan seluruh komunikasi yang konsisten dengan satu pesan dan berbagi strategi yang sama. Hal ini juga memungkinkan pemasar untuk menjalankan marketing campaigns yang lebih efisien untuk mendapatkan persetujuan di area kreatif, konten, pesan, dan lain sebagainya.
Kunci ekfetivitas IMC adalah adanya sinergi antara berbagai pesan pemasaran, dan pemahaman besar bahwa pemasaran pada dasarnya adanya komunikasi antara perusahaan dan calon pelanggannya. IMC menggunakan berbagai media seperti advertising, public relations, personal selling, sales promotion, direct & database marketing, sponsorship, event marketing, social media marketing dan online marketing (banner advertising, afiliasi dan lain-lain). Karena tujuan akhir dari pemasaran adalah untuk menghasilkan pendapatan, meningkatkan pangsa pasar, mendorong minat beli, mambangun brand awareness maka pemasar perlu mencari cara untuk membuat segala sesuatunya menjadi lebih efektif dengan menggunakan strategi pemasaran terpadu sebagai langkah awal.
Integrated Marketing Communication di Perusahaan
Produk Nike adalah contoh sukses dari perusahaan yang telah sepenuhnya menganut konsep IMC. Pendekatan terpadu mereka termasuk di dalam iklan tradisional (billboard, majalah, dan televisi); mensponsori acara olahraga dan pemain hingga terlibat dalam inisiatif pemasaran online dengan memungkinkan konsumen untuk menyesuaikan sepatu Nike mereka. Mereka juga melakukan search marketing untuk hasil penjualan yang lebih maksimal. Cara pendekatan Nike memungkinkan mereka untuk mengkomunikasikan pesan yang mereka bawa secara konsisten di seluruh media; dan pada saat yang sama berbagi pesan kepada seluruh pelanggan; yaitu dengan menggunakan produk Nike kinerja Anda akan meningkat terlepas dari olahraga apa yang sedang Anda lakukan.
Kesimpulannya saat ini penerapan metode IMC sangat penting digunakan dalam pemasaran. Sebagai konsumen, kita dibombardir dengan ribuan pesan dari ribuan pengiklan yang berbeda setiap hari. Hal ini telah membuat kita terbiasa untuk menyaring pesan-pesan yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau kepentingan kita. Di sisi lain, sebagai pemasar, kita perlu memastikan bahwa kita melakukan segala sesuatu untuk menjangkau konsumen yang ada agar mereka tertarik pada produk yang kita tawarkan. Ini berarti bahwa pesan yang kita sebarkan harus selalu tepat sasaran kepada para konsumen yang membutuhkan.