Optimalisasi Twitter dalam Mendukung Pemasaran Online

Perkembangan social media yang begitu pesatnya saat ini diikuti oleh dunia marketing yang bertransformasi ke inbound marketing. Para marketer ramai-ramai sudah mulai menggunakan social media untuk tools marketingnya, salah satunya adalah dengan menggunakan twitter. Dengan banyaknya pengguna akun twitter aktif di seluruh dunia, social media seperti twitter sudah menjadi hal penting di dunia bisnis. Masalah yang dihadapi marketer sekarang adalah bukan hanya bagaimana menggunakan twitter tapi bagaimana twitter bisa dijadikan proses pemasaran. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh twitter seperti menjaring customer setia (loyal consumer), mendengarkan percakapan baik yang negatif maupun yang positif, yang selanjutnya tim sales dengan mudah dapat berpromosi kepada mereka sehingga terciptalah penjualan. Berikut adalah beberapa tips optimalisasi twitter yang dapat Anda jadikan panduan terhadap twitter perusahaan Anda:
1. Konten Tweet
Content is the king! Begitulah kira kira yang bisa digambarkan untuk sebuah konten, twitter Anda akan banyak di follow karena konten yang berbobot. Buatlah sebuah konten yang menarik dan relevan dengan bisnis Anda secara berkala dan konten harus dapat memberikan nilai lebih bagi follower. Usahakan untuk tidak hard selling jika Anda ingin berjualan, buatlah terarah dan soft selling. Ingat, akun twitter perusahaan Anda akan di follow jika akun tersebut dapat memberikan nilai lebih bagi followernya, tidak hanya melulu jualan. semakin berbobot konten twitter maka dengan mudah Anda akan mendapatkan follower yang berlimpah. Banyak konten, banyak follower!

2. Hubungkan web ke twitter
Website perusahaan yang sering diupadte dapat Anda hubungkan secara otomatis ke twitter. Setiap konten yang di update dari web secara otomatis akan muncul di akun Twitter. Dengan cara ini maka Anda mendapatkan dua keuntungan; pertama mereka akan mengunjungi website Anda sehingga trafik website menjadi naik, kedua follower Anda pun akan bertambah.

3. Segera Respon jika ada follower mention
Karena Twitter layaknya WOM versi digitalnya maka ketika melontarkan sebuah topik biasanya akan ada respon dari follower entah itu sekadar bertanya atau hanya komentar biasa. Segeralah respon mention mereka, jika anda telat merespon, mereka tidak segan untuk unfollow.

4. Hashtag
Hashtag atau tanda # sangat penting keberadaannya di twitter. Dengan hashtag anda bisa mengetahui siapa yang meretweet, siapa yang sedang memperbincangkan brand anda, siapa yang melihat tweet yang dilontarkan. Dengan hashtag pula kita bisa mengetahui seberapa banyak percakapan yang sudah dihasilkan dari tweet yang dilontarkan. Pastikan untuk selalu membuat hashtag di setiap topik yang Anda buat. Perlu juga mengintegrasikan hastag dengan campaign marketing Anda, buatlah hastag yang simple dan mudah diingat, sehingga dalam pencarian pun tidak kesulitan nantinya. Perlu juga mengintegrasikan hashtag dengan campaign marketing Anda, buatlah hashtag yang simple dan mudah diingat, sehingga dalam pencarian pun tidak kesulitan nantinya.

5. Twitter Chat
Anda dapat menggunakan Twitter chat untuk mengobrol langsung dengan konsumen agar dapat mengetahui insight mereka. Twitter chat dapat dilakukan dengan menggunakan hashtag. Buatlah jadwal chat via twitter dengan customer Anda dengan cara membuatkan sebuah hastag khusus, kemudian simpan lah hastag tersebut agar Anda bisa memantaunya kapan pun dan dimana pun, siapa tahu si customer sudah tidak sabar ingin chat dengan Anda.

Setelah Anda melakukan lima tips di atas, langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan pengukuran terhadap aktifitas twitter Anda. Apakah lima langkah di atas sudah efektif untuk membantu promosi marketing brand Anda sehingga menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam segi penjualan. Selamat mencoba.