15 Tahun Bekerja Dengan Hati di Bidang IT

Indra Gunawan – Associate IT Manager Fortune Indonesia

Meniti karir di Fortune Indonesia selama 15 tahun di bidang IT bukan tanpa rintangan, setiap tantangan selalu diterima Pria dua orang anak ini dengan penuh kesungguhan dan kerja keras. Menurutnya memiliki rasa ambisi untuk mencapai harapan itu wajar, tapi jangan juga kita melupakan waktu yang akan menjawab setiap harapan-harapan yang baik. Bekerja dengan hati, selalu sabar dan memberikan yang terbaik adalah prinsip hidup yang selalu dia emban. Simak cuplikan kisahnya berikut ini:

Sejak kapan bergabung di Fortune Indonesia? Dan sebelumnya bekerja dimana ?

Sebelum di Fortune Indonesia, terakhir saya bekerja di Nusa Cipta Rancana selama tiga tahun sebagai programmer meng-handle system implementation. Dunia IT memang sudah menjadi minat saya sejak awal, jadi setelah lulus kuliah di bidang yang sama, saya meniti karir saya di bidang IT pada beberapa perusahaan. Setelah keluar dari Nusa Cipta Rancana saya resmi bergabung di Fortune sejak tahun 2003.

Selama belasan tahun menjadi warga, bisa diceritakan perjalanan karir anda di Fortune ?

Awalnya Saya menjadi freelancer di Fortune selama satu tahun. Jadi, Fortune adalah side job  saya. Dulu setelah pulang kerja dari perusahaan sebelumnya saya lanjut bekerja di Fortune, kebetulan saat itu jarak antara perusahaan tempat saya bekerja dengan Fortune tidak terlalu jauh, sehingga bisa saya handle keduanya. Kemudian saya resmi menjadi warga sejak 3 Januari 2003. Awal berkarir di Fortune saya sebagai MIS Officer selama tiga tahun yang meng-handle semua pekerjaan IT, baik hardware maupun software, kemudian sebagai MIS Officer Senior selama kurang lebih 10 tahun sampai tahun 2016 dan saat ini saya menjabat sebagai Associate IT Manager.

Suka duka selama bekerja di Fortune ?

Kalau sukanya mungkin lebih ke jejaring pertemanan ya, karena di Fortune ini dinamis sekali pergantian warganya cukup cepat jadi bisa banyak teman, juga didominasi oleh anak-anak muda jadi jiwanya ikut muda. Kalau dukanya mungkin kita di tim IT tidak ada spesialisasi tertentu, jadi apapun yang berhubungan dengan IT semua dipelajari dan dikerjakan, jadi kurang fokus.

Apa arti resolusi untuk Anda ?

Menurut saya semua orang memang harus punya resolusi ya, agar kita memiliki harapan dan mimpi yang kuat. Bagi saya arti resolusi itu kita mampu memberikan yang terbaik, baik itu untuk karir dan kehidupan sosial. Kalau untuk Fortune sendiri, saya berharap mampu untuk terus memberikan yang terbaik, dengan kita memberikan yang terbaik saya harapkan Fortune pun memberikan yang terbaik pula untuk saya.

Apakah Anda termasuk orang yang ambisius ?

Semua orang pasti memiliki harapan yang ingin dicapai tapi kalau ambisius yang sampai gila gitu saya sih tidak. Ambisius itu baik. Tetapi, proses, waktu, dan kerja keras yang akan menjawab setiap harapan-harapan yang baik, dan satu lagi jangan lupa untuk selalu berdoa.

Apa prinsip Anda dalam hidup dan mencapai harapan ?

Sabar dan selalu berdoa. Saya berprinsip untuk selalu dapat memberikan yang terbaik untuk semua tugas yang diberikan kepada saya. Setiap tantangan saya jalankan dengan baik dan mempertanggung jawabkannya. Balik lagi semua harapan pasti bisa kita raih dengan kerja keras dan waktu yang akan menjawabnya.

Apa arti keluarga bagi Anda ?

Keluarga itu bagi saya nomor satu, setelah Tuhan ya. Mereka adalah penyemangat hidup saya. Alhamdulillah saya dikaruniai dua putri cantik, dan membesarkan anak perempuan bukan hal yang mudah ya, banyak tantangan yang dihadapi. Jadi saya selalu memprioritaskan dan bertanggung jawab untuk mereka. Sebisa mungkin jika ada waktu senggang, ya itu untuk keluarga.

Nilai apa yang Anda tanamkan dalam keluarga ?

Prinsip saya untuk anak-anak, saya selalu tanamkan untuk selalu berbuat baik, karena nantinya mereka akan mendapatkan kebaikan pula. Saya juga berusaha untuk menciptakan rasa kebersamaan, salah satunya dengan melatih kedua putri saya untuk terbuka dengan keluarga. Sebuah tantangan tersendiri bagi saya karena semua anak saya perempuan dan mereka lebih nyaman cerita dengan ibunya, suka malu-malu untuk cerita dengan Bapaknya. Jadi, di sela-sela waktu kebersamaan bersama keluarga sambil bercanda-canda saya suka memancing mereka dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana, sampai mereka keceplosan untuk cerita dan saya lebih senang seperti itu.

Aktivitas favorit bersama keluarga ?

Saya dan keluarga gemar jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Jika ada waktu yang cukup luang, sebisa mungkin saya habiskan waktu saya untuk traveling bareng dan menciptakan memori di benak keluarga.

Hobi atau aktivitas diluar pekerjaan ?

Saya memiliki hobi merawat binatang peliharaan. Saya memiliki 4 kucing dirumah, jenis kucing Persia dan kucing kampung. Selain itu juga saya memelihara ikan-ikan hias yang saya rawat sendiri dirumah.

Apa harapan Anda di awal tahun ini ?

Saya ingin fokus menambah ilmu untuk keahlian saya terutama spesifikasi IT bidang security. Sekarang ilmu tentang IT kan sudah sangat luas dan berkembang pesat, jadi sampai saat ini sedang terus mencoba dan mencari training-training tentang hal tersebut. Kalau harapan saya untuk keluarga, saya berharap keluarga tetap solid. Saat ini anak saya yang paling besar sudah mulai memiliki dunianya sendiri, sedang lebih senang bermain dengan teman-temannya. Saya berharap kebersamaan terus terjaga.