Prinsip Simplify Sangat Diperlukan Dalam Era Sekarang yang Serba Cepat

Kesibukan pekerjaan tidak menghalangi Gita melanjutkan pendidikan dan menjalankan beberapa bisnis rintisannya. Menurutnya menyederhanakan kebijakan, keputusan, proses kerja, arahan, dan goals team adalah salah satu kunci sukses seorang pemimpin. Kunci sukses itu pula yang telah membawanya memimpin tim Corporate & Marketing Communication di usia muda. Berikut cuplikan wawancara dengan Gita.
Gita Galantari gita galantari_6387
Corporate & Marketing Communication Manager, Fortune Indonesia
Awal Mula Bekerja Di Fortune?

Worklife saya di Fortune berawal dari program magang. Saat itu saya dan teman-teman dapat scholarship short course film foundation dari International Design School Jakarta berkat kesuksesan kami memenangkan sebuah ajang lomba Film Pendek. Saya yang awalnya kost di Bandung berfikir masa di Jakarta cuma les film doang, apalagi les-nya hanya malam saja. Akhirnya saya mencoba apply magang dan gayung bersambut, pas banget dapet kesempatan magang di Fortune Indonesia bagian Corporate Communication. Setelah 2 bulan magang, saya mendapat kesempatan untuk bergabung menjadi warga di tim Corporate Communication yang sesuai banget dengan pendidikan dan minat saya. Kebetulan sejak duduk di bangku kuliah saya memang suka banget menangani kegiatan-kegiatan CSR. Tanpa ragu langsung saya ambil kesempatan tersebut dan lanjut terus sampai sekarang ini saya sudah lebih dari 5 tahun bekerja di Fortune Indonesia.

Membawahi Tim Corporate & Marketing Communication Apa target yang ingin Anda capai tahun ini?

Saya berharap tim corporate & marketing communication bisa lebih baik lagi dalam membangun dan menjaga reputasi Fortune Group menjadi perusahaan komunikasi terintegrasi yang muda, dinamis, berkualitas, dan patuh pada aturan perusahaan terbuka. Pada Tahun 2012 & 2013 lalu, tim corporate communication pernah meraih best coporate communication team versi majalah Business Review. Nah saya pengen banget tim corporate & marketing communication bisa kembali berhasil meraih penghargaan dari ajang dan kategori serupa.

Kiat sukses menjadi leader di usia muda?

Simplify. Kita harus bisa menyederhanakan kebijakan, keputusan, proses kerja, arahan, dan goals dari team. Jangan apa-apa justru dibuat ribet dan njelimet. Kalau bisa ringkas dan mudah kenapa harus dipersulit? Apalagi sekarang era teknologi jadi simplify segala sesuatu itu memungkinkan banget karena keputusan dan koordinasi yang cepat dan tepat bisa dilakukan dari mana pun dan kapanpun. Di era sekarang yang segala sesuatu memang harus serba cepat dan kesabaran manusia mulai menipis, hehe. Selain itu, tentunya kita juga harus bisa menjalin hubungan yang harmonis dan romantis dengan seisi tim. Kita kerja bareng, mencapai goals juga bareng, sukses bareng, gagal juga bareng. Jadi harus saling mendukung satu sama lain bukan hanya dalam urusan kantor tapi juga di luar kantor, karena urusan keluarga atau lainnya tetap akan saling mempengaruhi satu sama lain. Bersama kita bisa lalui apapun deh pokoknya. Juga yang enggak kalah penting adalah jangan baper dan enggak gengsi untuk saling belajar dari satu sama lain, juga dari siapapun, bisa dari intern atau juga dari lintas tim lain supaya kita bisa terus berkembang.

gita galantari_3936
Achievement paling berkesan selama bekerja di Fortune?

Tim Corporate & Marketing Communication kebetulan menangani CSR perusahaan dan achievement yang paling berkesan adalah Sanggar Fortune yang tadinya hanya 1, saat ini sudah menjadi 6 Sanggar Fortune dan sudah mengeluarkan satu buku panduan untuk orangtua dan guru hasil kolaborasi dengan Ibu Fery Baswedan. Juga sudah bisa menyelenggarakan acara rutin tahunan Festival Daur Ulang dan Festival Keluarga yang bisa meraih peliputan media yang baik. Yang enggak kalah berkesan yaitu saat pembuatan film Hajar, film sejarah perjalanan Fortune Group (www.foru.co.id/filmhajar). Proses pembuatan film Hajar memberi saya kesempatan untuk ketemu langsung dan mengenal lebih dekat para pendiri Fortune Group yang inspiratif banget, juga warga-warga lama yang pernah menjadi bagian dari Fortune yang ngga kalah keren, salah satunya Pak Triawan Munaf. Seru banget bisa berinteraksi dengan beliau-beliau da

gita galantari_6366Kesibukan lain di luar pekerjaan?

Saat ini selain bekerja saya sedang melanjutkan kuliah di FEB Magister Management UGM Jakarta, dengan mengambil konsentrasi entrepreneurship dan sedang dalam tahap penyusunan thesis. Konsentrasi entrepeneurship ini bikin kecanduan bikin model dan rencana bisnis, apalagi sekarang start up Indonesia kan lagi merekah banget ya sampe dinobatkan sebagai negara dengan start up terbanyak ke 3 setelah US dan India. Belum lama sempet juga ikutan ajang inkubasi Wonderful Start Up Academy dari Kementrian Pariwisata, alhamdulillah model bisnisnya bisa lolos sampe 30 besar dari ratusan peserta, tapi memutuskan untuk meninggalkan start up-nya karena program inkubasi yang sangat padat sehingga sulit dibarengi dengan kesibukan di kantor, jadi ya dilanjutkan oleh rekan saya saja. Karena penasaran dengan “keseruan” mengurus bisnis sendiri belum padam, selesai mundur dari inkubasi, tetep coba mengaplikasikannya dengan mulai bisnis bareng teman-teman yang serius tapi santai, ya dijadikan bagian dari belajar dan hobi aja.
gita galantari_4092

Bisnis apa yang sedang didalami?

Saat ini ada 2 bisnis yang coba dirintis yaitu marketplace obat luka www.grosirluka.com dan bisnis hijab Hiza yang memudahkan muslimah untuk memilih beragam motif dan beragam jenis kain yang kami sediakan sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing. Hiza berarti luck & beauty, filosofi nya, ketika kamu pake hijab selain tampil cantik juga sebagai bentuk kepatuhan akan perintah Allah dan kamu InsyaAllah memperoleh keberuntungan serta kemudahan dari Allah di belahan dunia mana pun kamu berada. Melalui Hiza, kami ingin mendukung muslimah traveller dalam bepergian menikmati keindahan ciptaan Allah, contoh dukungannya dengan berbagi kisah perjalanan melalui blog www.halohiza.wixsite.com/hiza, seperti misalnya bagaimana sih shalat saat di perjalanan, dimana ya shalat kalau lagi travelling ke negara yang susah banget ketemu masjid, atau bagaimana sih mandi wajib kalau kita lagi di pegunungan es, dll.

Bekerja, kuliah, dan berbisnis. Bagaimana Anda membagi waktu?

Pake aplikasi, haha. Digital calendar (thunderbird, google, iphone) dan trello.com jadi andalan saya sih. Di trello.com juga jadi tempat kolaborasi tim corporate & marketing communication, jadi kita bisa tahu pekerjaan A deadline-nya kapan, mana dulu yang harus dikerjakan, to do list-nya juga ada. Sangat membantu dalam mengatur prioritas dan kolaborasi.

gita galantari_7945Hobi?

Dulu sih saat kuliah di Bandung senang buat film pendek dari yang iseng sampe serius, sekarang sih jadi penonton aja. Marathon seharian nonton film doang juga bisa, ngabisin serial drama tv seharian juga kuat haha. Selain itu juga lagi seneng jalan-jalan, apalagi sekarang di dukung dengan banyaknya tiket promo maskapai ini itu. Kepuasan tersendiri juga kalau bisa dapet tiket murmer seperti beberapa tahun lalu bisa dapet tiket pesawat 1 juta pulang pergi untuk perjalanan Jakarta-Kuala Lumpur-Aceh-Kuala Lumpur-Jakarta. Seru banget.

Tempat dan pengalaman paling berkesan?

Basically, setiap tempat punya kesan masing-masing. Beberapa tempat yang paling berkesan untuk saya adalah saat saya mengunjungi Danau Kakaban di Kalimantan Timur, pengalaman paling menyenangkan dan menegangkan karena danau-nya penuh dengan ubur-ubur. Uniknya semua ubur-uburnya tidak menyengat tapi tetep bikin dag dig dug juga. Pada saat pertama snorkeling disana, ada keraguan bener ga ya dia enggak nyengat. Lebih berkesan lagi karena tempat seperti itu hanya ada beberapa di dunia. Selain itu juga tentunya Mekah dan Madinah, melihat langsung ka’bah yang biasanya liat di google atau kalender doang. Juga menikmati kehidupan di sana selama 10 hari, menyaksikan sebanyak itu umat muslim beribadah dan berinteraksi satu sama lain dengan bahasa yang beragam dan cara shalat yang juga kadang beda-beda dikit tapi enggak jadi masalah. Bikin rindu terus pengen balik lagi. Nah, klo experience yang paling seru adalah nyobain paralayang di Bogor, bikin penasaran juga pengen nyobain lagi di lain tempat.

Destinasi yang paling ingin dikunjungi?

Saya sangat suka jerapah karena jerapah adalah binatang yang nampak tenang, anggun, tapi juga sekaligus powerfull dengan tendangan maut yang bisa sampai membunuh lawannya. Saya pengen banget liat Jerapah di habitat aslinya, benua Afrika. Liat jerapah berlari-lari gitu di alam bebas keren banget menurutku. Apalagi kalau bisa nginep di hotel Giraffe Manor yang terkenal karena memelihara banyak jerapah. Jadi kita bisa main-main sama Jerapah, dari mulai makan bareng, sampe kepala jerapahnya bisa nongol juga di jendela kamar tidur kita.

Harapan Pribadi yang ingin dicapai 5 tahun ke depan?

Harapannya saat ini yang pasti Lulus Kuliah, naik haji dengan suami (masih dicari tapi suaminya, haha), bisnis-nya lancar dan sukses, travelling ke lebih banyak tempat lagi melihat betapa kerennya ciptaan Allah di belahan bumi yang lain, juga pengen kontribusi ke dunia pendidikan mungkin jadi dosen.

Tips menjaga kesehatan saat Ramadhan

Menjaga asupan makanan, perbanyak sayur, buah dan yang pasti Air putih. Ya gorengan boleh lah dikit aja. Banyakin Ibadah, selain InsyaAllah dapet pahala juga sekaligus biar gerak terus tubuhnya, hehe.