Langkah Untuk Menciptakan Ide Baru dan Segar dalam Industri Kreatif

Pernahkah Anda mengalami hal semacam ini; Anda sedang lancar menulis sebuah artikel namun tiba-tiba Anda berhenti karena Anda sudah kehabisan ide untuk melanjutkan apa yang Anda tulis? Jika Anda pernah mengalami hal tersebut hal ini sama saja jika Anda mempunyai suatu perusahaan ketika masih stabil, khalayak berpaling secara tiba-tiba dan Anda masih stuck dengan semua promosi dan kehabisan akal untuk mengembalikan industri Anda agar kembali bangkit. Jika hal tersebut terjadi jangan khawatir ini lah langkah yang harus anda jalani;
Get Your Own Self Together
Dimulai dari ketakutan yang dialami, ketakutan yang timbul jangan lah sampai menyebabkan kegelisahan diri kita kepada anggota tim yang akan membuat mereka berhenti percaya pada kita. Dan hal ini dapat menghentikan proses inovasi.
Lalu, apa yang harus kita lakukan? Ikuti pelatihan kepemimpinan. Bermeditasi. Tanya pada teman-teman bagaimana kita bisa melakukan hal yang lebih baik. Jujur pada diri sendiri.
Kumpulkan Orang-Orang Berpengaruh
Seperti halnya seorang arsitek yang membangun gedung dan mendesain ruang di dalamnya agar tercipta komunikasi efektif di antara para penghuninya, kita juga harus memikirkan bagaimana anggota tim berkomunikasi ketika membangun sebuah tim.
Kita harus memelihara ruang komunikasi yang sama. Kumpulkan orang-orang yang berpengaruh dalam ruang tersebut. Dengan begitu satu sama lain bisa mendapatkan keuntungan dan tidak ada yang dirugikan.
Fokus Pada Proses
Sebagai seorang pemimpin, tujuan kita adalah menanamkan kepercayaan sehingga membuat anggota tim nyaman untuk ke luar dari comfort zone mereka. Lakukan ini dengan aktif mendengarkan mereka. Tanamkan pada diri kita sudut pandang bahwa tidak ada ide yang jelek. Ide jelek bukanlah ide jelek, melainkan inkarnasi awal dari ide yang bagus.
Bersenang-Senang
Inovasi bukanlah sebuah upaya rasional. Inovasi membutuhkan usaha keras, risiko, dan kegagalan. Tak usah repot berinovasi jika kita tak bisa menikmati prosesnya.
Ingatlah bahwa proses lebih penting daripada hasil. Oleh karena itu, buatlah proses jadi menyenangkan. Berbagi kesenangan membangun ikatan dan memberikan energi bagi proses kreatif.
Jembatani Sosial yang Terpisah
Hambatan sosial yang disebabkan karena geografi, jaringan, bahasa, atau ketidakpercayaan menghambat hubungan bahkan sebelum hubungan itu dimulai. Mengatasi hambatan tersebut adalah kuncinya.
Amati tim dan tanyakan pada diri kita siapa anggota tim yang tidak berkolaborasi baik dengan anggota tim lainnya, apa penyebabnya, dan bagaimana kita bisa mendorong komunikasi mereka.