Peran Digital Marketing dalam Bisnis Online

Seiring dengan berkembangnya trend sosial media, para pebisnis mulai menyadari bahwa sosial media adalah hal penting yang dapat menyaingi kombinasi dari network marketing dan traditional advertising.

Dengan digital marketing ini pebisnis dapat memperkenalkan brand secara luas serta memperkuat pangsa pasarnya. Sama halnya seperti strategi marketing lainnya, Anda hanya akan berhasil meraup keuntungan jika Anda memiliki rencana serta step yang matang dalam menerapkan strategi ini.

Kekuatan dari sosial media terletak sepenuhnya di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Situs jejaring sosial telah menjadi bagian dari kehidupan harian masyarakat di seluruh dunia. Oleh karena itu perusahaan mulai beralih mempromosikan produknya ke media digital marketing. Keuntungan dari menggunakan strategi digital marketing ini adalah sebuah perusahaan memiliki fleksibilitas yang cukup besar sesuai kehendak mereka serta memberikan kesempatan untuk dapat terhubung langsung dengan para konsumennya.

Selain itu, komunikasi dalam dunia digital dapat terjadi secara dua arah sehingga, perusahaan juga dapat mendengarkan pendapat konsumen dan respon mereka. Dengan sistem pertukaran informasi yang seperti ini, hubungan antara konsumen dan produsen akan lebih baik, lebih dekat, dan lebih interaktif. Tak hanya pertukaran informasi yang dapat dilakukan dalam dunia digital, controlling juga dapat dilakukan oleh perusahaan. Yang dimaksud dengan controlling adalah kegiatan perusahan untuk mengetahui dan memonitor seberapa besar respon konsumen terhadap brand mereka.

Banyak pengguna internet yang mudah dipengaruhi oleh iklan online melalui media sosial. Para konsumen tersebut menyukai atau mengikuti brand yang berpromo melalui sosial media. Para calon konsumen yang kebanyakan juga menjadi pengguna jejaring sosial banyak mulai tertarik akan suatu brand setelah melihat iklan brand tersebut di media sosial. Jejaring sosial pun tidak terbatas via web. Sekarang ini para pengguna smartphone juga dapat mengakses jejaring sosial melalui ponselnya dalam setiap waktu tanpa batas. Dengan data pengguna internet dan jejaring sosial yang begitu besar memberi peluang bagi sebuah brand untuk memasarkan produknya dengan luas melalui media digital marketing. Bisnis online ini sangat berpengaruh dalam membantu peningkatan penjualan bagi  brand yang sedang dipasarkan.