Integrated Marketing Communication dan Marketing Event, Apa Bedanya?

integrated marketing communications agency

Untuk menunjang keberhasilan sebuah perusahaan sangat lah diperlukan adanya komunikasi terpadu agar dapat membangun dan menciptakan hubungan yang baik dengan para konsumennya. Perusahaan Anda mungkin memiliki produk yang unggul tetapi bila tidak dibarengi dengan internal dan eksternal komunikasi yang kuat mungkin saja bisnis Anda dapat mengalami penurunan dalam penjualan. Integrated Marketing Communications (IMC) menawarkan sebuah pendekatan komunikasi dimana Anda dapat menyalurkan sebuah pesan yang konsisten kepada para pembeli ketika promosi dengan menggunakan beberapa jenis media yang berbeda.

Menggunakan Event Marketing untuk mendukung Keberhasilan IMC
Ketika Anda disodorkan untuk mencoba sebuah sample gratis dari produk kopi terbaru disamping Anda dapat menikmati cita rasa yang baru, sebenarnya Anda pun di targetkan untuk menjadi pembeli potensial. Oleh karena itu, sebuah event marketing hanya berfungsi untuk memperkenalkan produk baru di sebuah acara sosial. Sekarang ini para konsumen dapat mencari informasi suatu produk dari berbagai sumber dengan mudah. Pemilik bisnis pun mulai menyadari bahwa mereka tidak dapat hanya bergantung kepada iklan saja, mereka mulai menyadari pentingnya penyebaran marketing dengan menggunakan metode IMC. Keberhasilan proses marketing terpadu ini dibutuhkan adanya rencana yang matang dan fokus di media digital, advertisingsocial networking dan event yang secara efektif dapat menggerakan serta melibatkan para potensial buyers untuk melakukan pembelian produk.

Dalam bisnis yang semakin kompetitif ini, perusahaan lebih memilih menggunakan metode marketing terpadu (IMC) dikarenakan lebih efektif dari segi biaya dan lebih efisien dari segi pendekatan marketing. Perbedaan utama antara mempromosikan atau memasarkan sebuah produk dengan menggunakan media event adalah kesempatan yang lebih besar bagi para potensial buyer untuk berinteraksi langsung dengan produk baru ini. Oleh karena itu, sekelompok konsumen dan media yang dikumpulkan dalam satu tempat dapat menjadi lebih efektif dengan menggunakan beberapa metode marketing yang menghasilkan sebuah penjualan. Sehingga dengan media event ini dapat mendukung terjadinya IMC yang sukses.

Event marketing berfungsi menyebarkan awareness untuk sebuah produk baru. Selalu akan ada persaingan untuk menarik perhatian konsumen agar membeli sebuah produk dengan menggunakan media print ataupun media visual. Namun, Anda dapat mencoba menarik perhatian ini dengan cara membuat social gathering, disini Anda dapat menarik para potensial buyer secara langsung dan membantu mereka merasakan produk baru tersebut secara langsung. Berbeda dengan media cetak dan televisi, media events terasa lebih menyenangkan dan partisipatif. Seringkali, hal ini dapat membuat calon konsumen akhirnya tertarik untuk menjadi seorang pembeli. Hal ini membuat upaya pemasaran Anda menjadi lebih hemat biaya. Sehingga banyak perusahaan yang menggunakan media events secara luas dengan mensponsori event marketing ini dengan sasaran yang jelas. Event yang terencana dengan matang ini bisa menjadi daya pikat bagi para potensial buyer. Jika perusahaan memiliki rencana dalam berkomunikasi dan mengikuti pedoman industri yang ada secara etis, perusahaan ini nantinya akan mendapatkan kepercayaan dari para calon konsumen dan konsumen setianya.