Peran Integrated Marketing Communication terhadap Proses Recall Brand

Integrated Marketing Communication mempunyai andil besar yang membuat suatu brand menjadi top of mind dari konsumen. Kenapa? Karena tujuan dari Integrated marketing communication ialah menaikkan return of investment (ROI) yang terbaik dan brand yang kuat dan tinggi. Selain itu, ada pula pengusaha-pengusaha yang belakangan ini telah memakai konsep ini, karena cakupannya sangat luas. Mulai dari efektivitas, efisiensi, investasi dan lain sebagainya yang mencakup waktu, biaya, dan koordinasi komunikasi antar brand atau perusahaan.

Teori Integrated Marketing Communication sendiri merupakan konsep yang di temukan dalam buku Don Schultz pada tahun 1980-an, meski saat ini konsep ini banyak dilontarkan oleh para pakar dengan sudut pandang yang berbeda. Namun, Konsep ini membantu mengintegrasikan pesan komunikasi secara utuh, baik dalam program above the line maupun below the line. Maka dari itu, konsep ini menjadi medium yang sepadan untuk peningkatan proses recall pada brand.

Alasan pertama yang membuat Integrated Marketing Communication mendapat sambutan yang positif, karena konsep ini dapat menimbulkan persepsi, citra, dan brand yang kuat dimana konsumen memiliki hubungan yang kuat dengan brand yang mereka pakai. Media komunikasi menjadi sangat beragam dan banyak pilihannya kerena adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat. Bukan hanya Iklan televisi, media cetak, radio, dan media luar ruangan saja. Namun, media-media seperti internet, short message service (SMS), video, call center, dan berbagai event lainnya, telah menjadi alternative lain dalam dunia komunikasi. Maka dari itu, diperlukan integrasi yang efektif dan benar dalam mengelola dan mengimplementasikan komunikasi.

Di era globalisasi ini komunikasi dijadikan tidak hanya terbatas dalam geografis. Mengapa? Dan bagaimana caranya? Situs web video sharing terbesar yaitu YouTube contohnya, YouTube menjangkau konsumennya di seluruh penjuru negeri agar dapat menyajikan informasi, entertainment, dan lain sebagainya dalam satu lintasan internet. Setidaknya sekarang masyarakat jika ditanya situs apa sajakah yang mereka tahu untuk menonton atau membagikan video, jawaban pertama mereka pastilah YouTube. Betapa hebatnya Integrated Marketing Communication dalam proses recall saat ini.

Integrated Marketing Communications in Indonesia.