Televisi vs Billboard, Manakah Pilihan yang Terbaik?

Advertisement atau iklan merupakan salah satu dari serangkaian media placement. Media placement adalah penggunaan berbagai jenis media untuk membangun dan mempromosikan produk barang dan jasa dari suatu brand. Terdapat banyak sekali media yang menjadi pilihan untuk mengiklankan produk barang atau jasa.

Media tersebut terbagi menjadi dua bagian utama, yakni media massa maupun cetak serta elektronik dan media outdoor. Media cetak terbagi seperti televisi, radio, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Sedangkan untuk media luar ruang (outdoor) seperti billboard, flyer, poster, dan spanduk. Dalam nyatanya, televisi dan billboard bersaing ketat dalam menyajikan iklan. Dan terdapat berbagai kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing media.

Kelebihan billboard bagi pengiklan salah satunya adalah ukurannya yang besar dan dapat menarik konsumen yang berkendara di sekitar billboard tersebut. Selain itu, biaya untuk memasang iklan di billboard relatif lebih murah karena berlaku selama satu tahun setiap kontraknya. Pemasangan yang strategis pun dapat memberikan terpaan secara terus menerus bagi pengguna jalan yang melewatinya. Dan dapat mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan. Billboard akan lebih efektif ketika dipasang dekat dengan lokasi bisnis.

Berbeda dengan billboard yang mampu menjangkau masyarakat luas, televisi hanya dapat dilihat oleh orang yang menontonnya. Namun televisi memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh billboard. Televisi memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara (audio) dan gambar (visual). Siaran yang berulang-ulang juga dapat memberikan terpaan langsung kepada masyarakat.

Bagaimanapun juga, keduanya, baik televisi maupun billboard juga memiliki kekurangan. Dibandingkan dengan billboard, biaya untuk memasang iklan di televisi jauh lebih mahal dan hanya dapat dinikmati sebentar. Khalayaknya pun selektif dalam memilih tontonan. Sedangkan pada billboard, konten yang disampaikan juga terbatas karena tidak bisa terlalu panjang dan harus kreatif untuk mendapatkan perhatian konsumen. Billboard juga rentan terhadap kerusakan karena berada di luar ruangan.

Meskipun keduanya memberikan kesan yang kuat pada masyarakat, tetap saja masih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. So, which one is better for you?

Sumber:
entrepreneur.com
uterogroup.com