Sinar Mas Land Bekerjasama dengan Kawan Lama Group Mengembangkan Mall di Grand Wisata Bekasi

Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia, bekerjasama dengan Kawan Lama Group, sebuah perusahaan ritel, industrial dan property & services berskala nasional akan membangun sebuah shopping mall di Grand Wisata Bekasi. Ini merupakan bagian dari kerjasama kedua belah pihak yang dimulai sejak penandatanganan kerjasama/joint venture pada 30 Mei 2018 lalu, yang dilakukan untuk mengembangkan beberapa proyek mixed-use serta memaksimalkan penataan konsep pemukiman, bisnis dan perdagangan, jasa, serta rekreasi di sejumlah proyek Sinar Mas Land.

Penandatanganan kesepakatan kerjasama pembangunan proyek mall di Grand Wisata Bekasi ini dilakukan pada hari Kamis, 21 Februari 2019 antara Sinar Mas Land melalui PT Putra Alvita Pratama dengan Kawan Lama Group melalui PT Inti Gemilang Bangun Perkasa. Mall ini merupakan proyek kedua setelah proyek pertama yang berlokasi di Kota Wisata Cibubur dengan konsep mixed-use development. Nilai investasi yang dialokasikan untuk pembangunan mall di Grand Wisata Bekasi ini sejumlah Rp 900 Miliar dengan komposisi share sebesar 60% (enam puluh persen) untuk PT Inti Gemilang Bangun Perkasa dari Kawan Lama group dan 40% (empat puluh persen) untuk  PT Putra Alvita Pratama dari Sinar Mas Land. Pembangunan mall dilakukan di atas lahan seluas 7,5 hektar dan dibagi dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, lahan yang akan dikembangkan adalah seluas 4,2 hektar. Pembangunannya akan mulai dilakukan pada tahun 2020 dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2022.

Pembangunan shopping mall dipilih dalam kerjasama ini karena meningkatnya jumlah residensial dan industri di daerah Bekasi, sehingga memiliki potensi pada meningkatnya daya beli serta jumlah kebutuhan terhadap meeting points, fasilitas food and beverages, pusat rekreasi, hiburan dan perbelanjaan.

Sedangkan Bekasi dipilih sebagai lokasi proyek saat ini karena letaknya yang strategis didukung dengan area perumahan dan perindustrian, serta jalan tol yang memudahkan akses dari/ke kawasan industri dan perumahan di Cikarang maupun ke pusat kota Jakarta dan sekitarnya. Grand Wisata Bekasi juga berada di koridor LRT trayek Bekasi Timur – Cawang yang merupakan salah satu dari dua koridor yang dikembangkan pada tahap pertama pembangunan LRT Jabodetabek. Konsep Transit-Oriented Development ini akan mempermudah akses dari/ke Jakarta sehingga memberikan potensi yang baik bagi perkembangan ekonomi di Grand Wisata Bekasi serta wilayah sekitarnya.

“Pertumbuhan wilayah Bekasi yang pesat membuat kami memutuskan untuk membangun sebuah shopping mall di Grand Wisata Bekasi. Selain sebagai sarana untuk pusat belanja dan hiburan, diharapkan proyek mall ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Bekasi, yaitu salah satunya dengan penyerapan tenaga kerja warga sekitar. Kami juga berencana untuk melanjutkan kolaborasi kedua perusahaan ini ke sejumlah proyek Sinar Mas Land lainnya serta daerah potensial lainnya di seluruh Indonesia” papar Herry Hendarta, CEO Residential Sinar Mas Land.

Kuncoro Wibowo, Chairman Kawan Lama Group menambahkan “Melalui kerjasama ini, kami saling melengkapi dengan expertise masing-masing. Sinar Mas Land menyediakan lahan strategis dan mengembangkan kompleks propertinya, sedangkan Kawan Lama Group mengembangkan dan me-manage mall. Kami percaya bahwa sinergi ini merupakan suatu kolaborasi strategis jangka panjang untuk mengoptimalkan bisnis kedua belah pihak”

Kawan Lama Group adalah sebuah perusahaan induk yang bergerak dalam sektor retail untuk perlengkapan rumah tangga, furnitur, gaya hidup, food and beverage, industrial,property and services, dan bisnis online yang telah berpengalaman lebih dari 63 tahun, bekerjasama dengan Sinar Mas Land yang merupakan sebuah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam mengembangkan perumahan, apartemen, pusat berbelanjaan dan kawasan industri. Kedua perusahaan menyadari bahwa kondisi market saat ini lebih kompetitif, sehingga diharapkan melalui kerjasama ini Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land dapat berkolaborasi untuk mengembangkan berbagai produk properti yang unggul di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia.