Sinar Mas Land Bersama dengan MASKEEI Selenggarakan Diskusi di Bidang Efisiensi Energi

Sinar Mas Land menjadi tuan rumah acara Masyarakat Konservasi & Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) Panel Discussion, di Auditorium BSD Green Office Park 9. Sinar Mas Land melalui PT BSD, Tbk selalu memperhatikan aspek lingkungan dalam membangun proyeknya seperti green building di proyek commercial yang ada di kawasan BSD City, khususnya di area BSD Green Office Park.

Gedung Ramah Lingkungan: BSD Green Office Park

Pendekatan ramah lingkungan terlihat di salah satu proyek Sinar Mas Land yang ada di gedung BSD GOP 9, meliputi pendekatan “passive effort” untuk mengurangi beban panas dengan orientasi bangunan,facade skin yang melindungi kaca sekaligus elemen dekoratif, bangunan single corridor dengan wilayah pusat yang memiliki full cross ventilation, juga dilengkapi sensor cahaya untuk mengurangi beban energi pada pencahayaan. Khusus untuk pendekatan ”Active efffort” diterapkan dengan memilih peralatan yang efisiensinya diatas standar SNI, baik AC, penerangan, fixture air dan menggunakan water recycling untuk mengurangi penggunaan air.

Ignesjz Kemalawarta, Head of Corporate Governance & Sustainability Sinar Mas Land menguraikan secara lebih mendalam “Pada masa lalu, era 80an, sumber daya masih melimpah dan pemanasan global belum menjadi fakta yang menakutkan. Kini menatap masa depan untuk ikut memperbaiki kondisi lingkungan tidak ada jalan lain selain semua pihak berupaya menerapkan efisiensi energi dan air serta menerapkan low carbon development sekaligus memperhatikan penggunaaan material yang sesuai kaidah lingkungan dalam penataan sebuah Green Building.”

Lebih dalam dirinya juga menjelaskan bahwa dengan penerapan efisiensi energi pihak pengelola gedung akan diuntungkan dengan berkurangnya biaya energi, yang juga yang akan menurunkan biaya operasional bangunan dan akan lebih tahan terhadap kenaikan biaya energi di masa datang.

Proyek BSD GOP 9 ini dikembangkan di dalam kawasan Green Office Park BSD City, mengacu pada konsep Green District sebagai usaha Sinar Mas Land untuk memenuhi komitmen dalam pelestarian lingkungan. Hal ini berarti semua bangunan di kawasan akan dibangun dengan konsep low rise, memiliki Koefisien Dasar Bangunan (KDB) 25%-35%, serta memiliki fasilitas pengelolaan air dan sampah sesuai dengan standard dari Green District. Dalam kawasan BSD GOP ini terdapat 9 gedung perkantoran dan The Breeze sebuah “Mall Without Wall “ khusus Food and Beverages (F/B Mall) yang memiliki fitur – fitur Green, yakni Microclimate Optimization, Green Transport and Integrated Parking, serta Sustainable Management Practice. Kawasan tersebut memiliki jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terlindung di sepanjang jalan utama, fasilitas parkir sepeda dan shower roomshuttle bus yang khusus berada dalam distrik, serta lahan parkir yang terintegrasi dalam menjaga kawasan ini sebagai “Green District”.