Cerita Tentang Persahabatan Sejati Lewat TVC Puasa Lebaran


Memasuki bulan puasa tentunya TV kita akan mulai dipenuhi dengan iklan-iklan yang bertema Ramadan. Nah, kita patut berbangga karena Fortune turut memberi warna melalui TVC Puasa Lebaran Djarum.
“Bangga dong!” seolah menjadi jawaban kompak dari tim Soleram yang dipercaya oleh tim Corporate Communication PT Djarum untuk proses pengerjaan TVC ini. “Djarum adalah perusahaan besar dan bisa ngerjain TVC korporatnya itu rasanya selalu mantab mania!” tegas Grego Murdianto, Creative Group Head Soleram. Ini adalah kali kedua Soleram memenangkan pitching TVC Puasa Lebaran Djarum setelah memenangkannya di tahun 2016 lalu. Khairina Ariesta, Senior Account Executive Soleram, menjelaskan bahwa pitching kali ini prosesnya cukup panjang dan sempat terjadi perubahan brief di tengah proses pitching. Namun ini tidak membuat Soleram kehabisan cerita, bahkan akhirnya presentasi ulang dengan tambahan enam cerita lagi. Seperti biasa PT Djarum selalu ingin menampilkan sesuatu yang berbeda di setiap iklannya dan tema yang diangkat kali ini tentang persahabatan. Tema ini terasa pas untuk situasi saat ini. Apa maksudnya? “Yah, di era yang serba digital ini semuanya terasa mudah bahkan seperti menjalin pertemanan baru. Lalu yang patut dikritisi adalah seringkali kita lupa cara bagaimana cara mempertahankan persahabatan itu sendiri jika terjadi konflik yang fatal” papar Claudia Nauli, Senior Account Manager Soleram.

Grego menceritakan bahwa tantangan terbesarnya adalah bagaimana membuat cerita tentang persahabatan yang relevan tapi tetap inspiratif untuk penonton. Moh Anwari (Aan), Senior Art Director Soleram menambahkan, “Selain cerita yang bagus, kita juga menggunakan treatment split screen yang membuat TVC ini menjadi terasa unik. Kombinasi keduanya membuat kita yakin bahwa TVC ini terasa fresh untuk penonton.” Iklan ini menceritakan tentang dua sahabat dengan mimpi yang sama untuk menjadi pemain sepak bola profesional. Suatu ketika salah satunya tanpa sengaja membuat karir sahabatnya terhenti dan terjadilah konflik di antara mereka. “Pesan yang ingin disampaikan sederhana. Tentang berbesar hati untuk memaafkan dan meminta maaf demi mempertahankan persahabatan sejati,” jelas Rahma Fathia. Antusias yang sama pun terlihat dari tim CorpCom PT Djarum dalam pengerjan TVC ini. Bersama Sim F, director TVC, semua berperan aktif tektokan dan memberi masukan tentunya untuk menyempurnakan iklan ini.

Banyak momen yang tidak terlupakan saat proses produksi. Salah satu yang paling diingat saat seluruh tim was-was karena salah satu talent cidera setelah melakukan adegan tackling. Shooting sempat terhenti beberapa saat, namun akhirnya bisa dilanjut dengan treatment khusus dari director. Post production TVC ini dikerjakan di Jepang dan selama prosesnya tidak ada kendala yang cukup berarti. “Hanya saja ada satu hari yang proses pengerjaannya sampai jam empat subuh dan kita harus tetap fokus padahal mata udah lengket banget hahaha,” kata Khairina Ariesta. Satu lagi yang membanggakan adalah TVC versi 90 detiknya akan ditayangkan di bioskop selama bulan Ramadan ini. Mantab mania!