Program ‘Duta Sehat Sanitasi dan Toilet Higienis dari PT Semen Jawa

Pada 8 Februari 2018, PT Semen Jawa yang merupakan anak perusahaan dari SCG, salah satu konglomerat terkenal di ASEAN, menyelenggarakan sebuah acara bernama Duta Sehat, yang bertempatan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Istiqomah, Sukabumi. Acara ini merupakan bentuk kerja sama antara PT Semen Jawa dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yang dimana juga dihadiri oleh 256 santri Madrasah Aliyah (MA) serta Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ponpes Al-Istiqomah.

Tujuan diadakannya acara ini ialah untuk mengajak para siswa guna mendapatkan pengetahuan-pengetahuan praktis dalam menciptakan sanitari bersih dan toilet higienis yang dimana juga dapat mereka terapkan di kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal mereka. Selain itu, para santri yang menghadiri acara ini juga terlihat bersemangat mengikuti rangkaian acara yang berupa workshop sanitari bersih dan toilet higienis yang diadakan di setiap kelas masing-masing dengan dipandu oleh para sukarelawan yang berasal dari karyawan dan jajaran manejemen PT Semen Jawa.

“Komitmen kami adalah untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat. Salah satunya adalah peningkatan budaya hidup sehat. Oleh karena itu, kami mengajak karyawan dan jajaran manajemen untuk terjun langsung dan mengimplementasi komitmen ini” ujar Somchai Dumrongsil selaku President Director PT Semen jawa.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan Bupati Kabupaten Sukabumi, Dody A Somantri yang menambahkan harapannya bahwa melalui program Duta Sehat yang diselenggarakan oleh PT Semen jawa ini, diharapkan para santri Ponpes Al-Istiqomah mampu memperoleh sanitari yang bersih dan toilet higienis serta dapat menerapkan pengetahuan-pengetahuan praktis PHBS yang telah mereka dapatkan ke dalam kehidupan sehari-hari mereka dimanapun mereka berada.