Kampus 3 Unika Atma Jaya di BSD City Resmi Dibuka

  • Kampus 3 Unika Atma Jaya di BSD City dibangun diatas lahan seluas 20 Ha, dan akan didedikasikan sebagai Center for Human Development
  • Kehadiran Kampus UNIKA Atma Jaya diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan BSD City ke arah Integrated Smart Digital City
  • Kegiatan perkuliahan kampus III Unika Atma Jaya BSD City dimulai pada 7 Agustus 2017

 

Jakarta, 25 Juli 2017 – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya hari ini melakukan kegiatan bersejarah, yaitu meresmikan Kampus III di BSD City, sebuah kawasan yang menjanjikan di masa depan karena menggabungkan konsep hunian, perkantoran dan pendidikan. Acara ditandai dengan perayaan Ekaristi Syukur dan Pemberkatan Kampus oleh Uskup Agung Jakarta Mgr.Ignatius Suharyo.

 

Ketua Yayasan Atma Jaya Ir.Aswin Wirjadi menyatakan “fungsi daripada yayasan adalah menyiapkan prasarana dan sarana yang baik sehingga proses belajar mengajar di Unika Atma Jaya ini bisa berjalan lebih baik lagi. Menandai usia Atma Jaya ke-57, kami bersyukur atas peresmian kampus ke tiga di BSD ini.”

 

Kampus Atma Jaya BSD City sebagai Center for Human Development

Kampus Atma Jaya di BSD CIty dibangun dan didesain untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih ideal yaitu interaksi antar mahasiswa, dengan landscaping yang lebih baik. Dengan luas lahan 20 hektar, ruang gerak mahasiswa disini didesain 6,5 meter per orang lebih besar dari kampus Semanggi yang 1,5 meter per orang sehingga suasana kampus menjadi lebih baik.

 

Kampus BSD ini didedikasikan sebagai Center for Human Development yang dikonsentrasikan untuk mendidik S1. Di sini komitmen kami yang utama yaitu pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa. Mempersiapkan para mahasiswanya dengan kompetensi kelas Internasional, memiliki karakter keindonesiaan dan kepedulian.” jelas A Prasetyantoko, Rektor Unika Atma Jaya.

 

Perkuliahan mahasiswa baru di Kampus BSD akan dimulai pada 7 Agustus 2017 nanti. Fakultas Teknik,Teknobiologi, dan Hospitality and Tourism Management diberikan prioritas menempati dua gedung utama yang akan dilengkapi laboratorium modern. Jenis laboratorium antara lain engineering design center, Aerodinamika, Mekanika Eksperimental untuk Fakultas Teknik dan Laboritorium Mikrobiologi dan Tekno DNA untuk Fakultas Teknobiologi.

 

Sementara program-program studi berikut membuka kelas paralel di Kampus Semanggi dan BSD, yaitu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru SD, Psikologi, dan Hukum. Maka, mahasiswa bisa memilih kuliah di salah satu tempat tersebut.

 

Bangunan tahap pertama seluas 3,5 hektar dibangun dengan spesifikasi delapan lantai dan satu lantai semi basement. Peruntukan setiap lantai digunakan untuk laboratorium, ruang kelas, tempat ibadah termasuk mushola, serta ruang serba guna. Disiapkan pula tempat olah raga, dan kantin sebagai penunjang. Total daya tampung tahap pertama adalah 3,000-3,500 mahasiswa. Kampus ini juga memperhatikan kebutuhan mahasiswa difabel seperti tangga landai bagi pengguna kursi roda, dan kursi bagi mahasiswa yang kidal. Dari sisi keamanan kampus juga telah lolos uji pemadam kebakaran. Sepanjang atap ruangan dipasang pipa penyalur air pemadam kebakaran.

 

Kehadiran Unika Atma Jaya, Jakarta akan menambah pilihan siswa/ siswi untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. “Kelebihan kami adalah tradisi dan reputasi akademis yang sudah kuat seiring usia ke-57 ini. Ditambah, sekarang dengan fasilitas fisik yang memadai tentu akan menghasilkan kualitas lulusan terpercaya dan bereputasi tinggi,” jelas Prasetyantoko.

 

Selain itu, keberadaan kampus ini juga akan bersinergi dengan Sinar Mas Land, khususnya dengan BSD City yang dilengkapi berbagai fasilitas modern, seperti Kawasan Intermoda station untuk akses transportasi, cluster-cluster perumahan dan apartemen untuk tempat tinggal, tempat rekreasi, sarana olah raga, pusat belanja, serta berbagai fasilitas komersil dan industry

 

 

BSD City berkembang menjadi integrated smart digital city

Saat ini, BSD City sedang berkembang menuju integrated smart digital city. Tidak hanya dilengkapi dengan jaringan infrastruktur teknologi, BSD City juga dilengkapi dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat di wilayah BSD City. Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions. Sinar Mas Land berupaya untuk dapat menyediakan sarana dan prasarana yang berkualitas bagi masyarakat yang menghuni wilayah BSD City serta memberikan kualitas kehidupan terbaik dan kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya adalah transaksi dengan aplikasi mobile yang terintegrasi. Masih dalam rangkaian pengembangan integrated smart digital city, saat ini Sinar Mas Land tengah menggarap “Digital Hub” sebuah area yang ditujukan untuk Komunitas Digital mulai dari perusahaan- perusahaan start up, institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT, research centre, coworking space, software developer, tech company leaders, dll. Digital Hub memiliki area seluas 25,86 Ha dan terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Rencananya proyek Digital Hub yang diperkirakan menelan dana sebesar Rp 7 triliun tersebut akan mulai dibangun pada 2017 ini. Saat ini sejumlah kegiatan yang bergerak di bidang IT akan dan telah berkantor di kawasan Green Office Park seperti Apple, Huawei, MyRepublic, Sales Stock, EV Hive, Orami, Purwadhika Coding School, WGS Hub/ GeeksFarm, Unilever, dan lain-lain.

 

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengungkapkan “Kehadiran Unika Atma Jaya akan memperkaya ekosistem BSD City sebagai Smart City khususnya di sektor pendidikan. Hal ini sejalan dengan pengembangan proyek Digital Hub BSD yang akan menjadi Sillicon Valley – nya Indonesia. Diharapkan kehadiran Unika Atma Jaya akan berperan menjadi ‘talent pool’ bagi sejumlah perusahaan khususnya yang bergerak di bidang teknologi di Digital Hub. Sinar Mas Land sebagai pengembang kawasan BSD City yang sangat peduli dengan dunia pendidikan dan peningkatan kualitas SDM akan selalu mendukung untuk kelancaran operasional Kampus III Unika Atma Jaya di BSD City.

Kami berharap Unika Atma Jaya dapat berkontribusi aktif dalam berbagai penelitian dan menjadi talent pool yang potensial menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang siap berkompetisi“

 

 

Selain itu, BSD City juga kini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas baru sebagai penunjang gaya hidup antara lain seperti pusat perbelanjaan AEON Mall, The Breeze BSD City, dan Qbig. Di BSD City juga tersedia sejumlah rumah sakit bertaraf internasional, convetion center terbesar di Asia tenggara yaitu Indonesia Convention Exhibition atau ICE, sejumlah apartement,tempat kost untuk mahasiswa serta berbagai pusat kuliner.

 

BSD City juga ditunjang oleh sejumlah akses yang mudah dan beragam. BSD City dapat diakses dengan menggunakan jalan tol Jakarta – Tangerang, jalan tol Serpong – JORR, serta jalan tol Serpong – Balaraja yang akan mulai dikonstruksikan tahun depan. Kawasan ini juga dapat diakses dengan menggunakan kendaraan umum seperti commuter line yang berhenti di stasiun Rawa Buntu, serta shuttle bus dengan rute Jakarta – BSD City. Selain itu untuk akses transportasi, kawasan intermoda Cisauk yang akan beroperasi tidak lama lagi nantinya akan menghubungkan jenis angkutan umum transportasi darat (kereta dan bis) dari BSD City ke pusat bisnis di Jakarta dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.