Meningkatkan Profit melalui Consumer Insight

Untuk mengembangkan dan meluncurkan sebuah brand, seorang brand marketer membutuhkan consumer insight untuk mengetahui serta menyusun segmentasi, target dan positioning yang tepat sasaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan kumpulan data yang menganalisis bagaimana cara target konsumen berpikir dan hal apa yang benar-benar dirasa penting oleh mereka. Jika memiliki insight seperti ini, kita dapat menciptakan sebuah produk atau brand yang yang saling menguntungkan baik untuk pelanggan itu sendiri maupun perusahaan yang bersangkutan.
Consumer insight merupakan hal yang sangat penting, khususnya dalam memahami arti hubungan perusahaan dengan konsumennya. Dengan penggalian secara mendalam nantinya akan ditemukan pengindentifikasian target konsumen yang paling menguntungkan ataupun calon konsumen yang potensial. Pasalnya, lewat consumer insight perusahaan dapat mengolah informasi mendalam tentang konsumen, mulai dari aktivitas digital, profil demografis hingga informasi pola belanja mereka. Informasi inilah yang akan menjawab apakah mereka target pasar yang tepat dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Consumer insight akan membuat upaya untuk menjual sebuah brand menjadi lebih mudah, dengan catatan bahwa brand tersebut dapat menjawab insight dari konsumen, melalui benefit yang ditawarkannya. Cara terbaik untuk mendapatkan consumer insight adalah dengan berada sedekat mungkin dengan konsumen kita, berdiskusi dengan mereka (interviewing) dan atau mengamati apa yang mereka lakukan (observing).
Perusahaan secara berkala harus selalu memeriksa dan mendengarkan hal apa saja yang diinginkan oleh para konsumen agar dapat terus menjaga tingkat kepuasan mereka. Sebab, lewat interaksi yang konsisten dengan para konsumen nantinya akan membuahkan result yang maksimal dalam aktivitas pemasaran, penjualan dan pelayanan dari brand yang ditawarkan. Perusahaan yang berinvestasi dengan consumer insight dapat meraih nilai ekonomis dari investasi masa lalu dan menghasilkan keuntungan yang sangat signifikan. Kemampuan meraih keuntungan yang lebih melalui consumer insight ini mempengaruhi perusahaan baru yang ingin membangun dan memperkuat customer base, maupun perusahaan lama yang menginginkan pendapatan maksimal dari customer base yang sudah ada.
 
Sumber:
wisemarketer
brandmediastrategy