Jalin Kembali Hubungan Di Jaringan Profesional Demi Perkembangan Karier, Ini Tipsnya

 Kuartal awal tahun baru ini, merupakan momen yang tepat untuk menjalin kembali hubungan yang sempat terputus dengan rekan-rekan profesional. Berkobarnya semangat baru dari rekan-rekan profesional untuk mempersiapkan diri menghadapi tahun 2017, sejatinya dapat dimanfaatkan untuk menjalin hubungan yang bermanfaat bagi perkembangan karier kita.

Hal sederhana seperti membangun komunikasi kembali secara online dengan mantan bos Anda hingga rekan-rekan lainnya, membuat mereka ingat terhadap Anda serta nilai dari personal brand yang Anda refleksikan. Dengan melakukan hal tersebut secara profesional, Anda membuka diri terhadap berbagai kesempatan untuk diraih, mulai dari sekedar berbagi informasi, pengetahuan, hingga kesempatan bisnis/karier.

Menjalin kembali hubungan profesional janganlah dianggap sebagai tugas yang menakutkan. Hal sederhana seperti berinteraksi dengan sesama profesional di LinkedIn dapat menjadi awalan yang baik untuk menjalin hubungan tersebut. Bagaimana memulainya?

Berikut adalah tips dari LinkedIn untuk membantu Anda terhubung kembali rekan-rekan di jaringan profesional:

  1. Jalin hubungan di LinkedIn melalui pesan yang personal
    Anda sudah siap untuk memulai namun tidak tahu apa yang harus dikatakan? Jangan khawatir, hal sederhana seperti memberikan ucapan selamat, contohnya atas pekerjaan baru rekan Anda, dapat menjadi senjata yang ampuh. Agar efektif, sebaiknya pesan tersebut dituliskan secara khusus untuk setiap orang.

Lebih dari itu, buka kesempatan untuk mereka memberikan respons yang lebih dari sekedar ucapan terima kasih. Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan dan memberikan konteks yang lebih personal. Alih-alih hanya mengatakan “Selamat atas Pekerjaan Baru!”, sebaiknya Anda juga mengajukan pertanyaan lebih lanjut seperti “Bagaimana pengalaman di kantor baru?” atau “Apa saja proyek menarik sedang dikerjakan?”.

  1. Jadikan update maupun artikel berita yang ada di dalam halaman LinkedIn feed Anda sebagai bahan percakapan

LinkedIn feed di dalam halaman profil LinkedIn Anda dapat dijadikan sumber informasi terbaru seputar industri dan dunia profesional di dalam jaringan profesional Anda. Manfaatkan ini sebagai bahan percakapan atau diskusi dengan rekan-rekan Anda di LinkedIn. Mulai percakapan dengan mengomentari update dari rekan Anda, hingga mengunggah artikel / mempublikasikan tulisan Anda guna mengundang diskusi dengan rekan-rekan sekalian. LinkedIn feed adalah tempat yang sempurna untuk terlibat dan terhubung kembali dengan jaringan Anda.

  1. Kelola hubungan secara teratur
    Membangun dan memelihara jaringan profesional membutuhkan dedikasi dan waktu. Secara rutin jalinlah komunikasi dengan rekan-rekan Anda di dalam jaringan, terlepas apakah Anda sedang membutuhkan sesuatu dari mereka, mencari peluang baru, ataupun hanya ingin menjalin komunikasi untuk bertukar pikiran dan kabar. Untuk mempermudah komunikasi dengan kelompok profesional Anda, menciptakan grup di LinkedIn Messaging dapat mempermudah Anda menjaga hubungan dengan mereka. Grup tersebut dapat mempermudah Anda dalam berbagi artikel atau wawasan, hingga berdiskusi secara langsung dengan anggota grup profesional Anda.Lebih lanjut dalam memanfaatkan LinkedIn Messaging, tandai percakapan yang belum dibaca agar Anda tidak lupa untuk memberikan respons lebih lanjut. Dengan begitu Anda tidak akan ketinggalan diskusi maupun informasi di dalam grup Anda.

Menjalin kembali komunikasi dengan berbagai rekan Anda di LinkedIn awal tahun ini bisa menjadi awal yang baik untuk membangun brand Anda. Tindakan sederhana seperti berhubungan kembali ke jaringan Anda bisa membuka banyak peluang yang dapat mendukung karier Anda.

Tentang Penulis

catherine-fisher-senior-director-member-marketing-communications-at-linkedin

Catherine Fisher, Senior Director, Member Marketing & Communications at LinkedIn

 

Tentang LinkedIn

LinkedIn menghubungkan para profesional di seluruh dunia untuk membuat mereka lebih produktif dan sukses serta mengubah cara perusahaan dalam merekrut, memasarkan, dan menjual. Visi kami adalah untuk menciptakan kesempatan ekonomi untuk setiap profesional di seluruh dunia melalui pengembangan Economic Graph pertama di dunia. LinkedIn saat ini telah memiliki lebih dari 467 juta anggota di seluruh dunia dan memiliki kantor perwakilan yang tersebar di seluruh dunia.