FORU FORU
  • Beranda
  • Layanan
    • Integrated
    • Public Relations
  • Berita
  • Korporasi
    • Tentang Kami
      • Tonggak Sejarah
      • Visi & Misi
      • Nilai-Nilai Perusahaan
      • Key Persons
      • Struktur Perusahaan
      • Budaya Perusahaan
      • Pedoman Logo
    • Anak Perusahaan
      • PT Fortune Indonesia Tbk
      • PT Fortune Pramana Rancang
      • PT Fortune Adwicipta
      • PT Fortuna Network Indonesia
    • Investor
      • Profil Perusahaan
      • Laporan Tahunan
      • Laporan Keuangan
      • Kepemilikan Saham
      • Ikhtisar Keuangan
      • Informasi Saham
      • Pusat Informasi
    • Tata Kelola
      • Implementasi GCG
      • Struktur GCG
        • RUPS
        • Dewan Komisaris
        • Direksi
        • Komite Audit
        • Sekertaris Perusahaan
      • Kebijakan Audit
      • Manajemen Resiko
      • Keterbukaan Informasi
      • Kode Etik
      • Kebijakan Pengaduan
    • Pustaka
      • Buku Hajar
      • Film Hajar
    • CSR Program
      • Lingkungan Hidup
      • Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
      • Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan
      • Pelanggan / Klien
  • Site Map
  • Search
  • id
    • en
FORU
  • Beranda
  • Layanan
    • Integrated
    • Public Relations
  • Berita
  • Korporasi
    • Tentang Kami
      • Tonggak Sejarah
      • Visi & Misi
      • Nilai-Nilai Perusahaan
      • Key Persons
      • Struktur Perusahaan
      • Budaya Perusahaan
      • Pedoman Logo
    • Anak Perusahaan
      • PT Fortune Indonesia Tbk
      • PT Fortune Pramana Rancang
      • PT Fortune Adwicipta
      • PT Fortuna Network Indonesia
    • Investor
      • Profil Perusahaan
      • Laporan Tahunan
      • Laporan Keuangan
      • Kepemilikan Saham
      • Ikhtisar Keuangan
      • Informasi Saham
      • Pusat Informasi
    • Tata Kelola
      • Implementasi GCG
      • Struktur GCG
        • RUPS
        • Dewan Komisaris
        • Direksi
        • Komite Audit
        • Sekertaris Perusahaan
      • Kebijakan Audit
      • Manajemen Resiko
      • Keterbukaan Informasi
      • Kode Etik
      • Kebijakan Pengaduan
    • Pustaka
      • Buku Hajar
      • Film Hajar
    • CSR Program
      • Lingkungan Hidup
      • Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
      • Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan
      • Pelanggan / Klien
  • Site Map
  • Search
  • id
    • en

Pentingnya Membangun Brand Awareness

24 January 2017 Media

Brand awareness merupakan salah satu cara untuk mengukur efektivitas pemasaran yang diukur oleh kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah brand tertentu. Dalam hal ini bisa meliputi nama, gambar, logo, serta slogan tertentu yang digunakan para pelaku pasar untuk mempromosikan produk-produknya. Brand awareness menjadi salah satu faktor penting dalam brand yang kuat (faktor lainnya adalah diferensiasi yang relevan). Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa brand awareness memiliki korelasi yang tinggi dengan intensitas pembelian, pangsa pasar dan ekuitas merek penting lainnya serta matriks bisnis. Sebab, tak bisa kita pungkiri bila semakin banyak konsumen yang mengingat produk Anda, maka semakin besar pula intensitas pembelian yang akan mereka lakukan.
Menurut Aaker, brand awareness sendiri didefinisikan menjadi 3 tingkatan, yakni sebagai berikut:

  • Brand recognition
    Recognitionatau pengenalan mencerminkan keakraban dan menghubungkan sesuatu yang dikenal dari ingatan terdahulu. Pengenalan adalah tingkatan terendah dari brand awareness. Untuk mengetahui brand recognition biasanya digunakan bantuan agar konsumen mengingat sebuah brand tertentu.
  • Brand recall
    Brand recallmerupakan pengingatan kembali terhadap merek. Pengingatan kembali ini mencerminkan kesadaran merek ketika merek tersebut muncul dalam benak konsumen segera setelah merek tertentu disebutkan. Dalam brand recall, konsumen tidak membutuhkan bantuan untuk mengingat produk.
  • Top of mind
    Adalah tingkatan tertinggi dimana brand tertentu telah mendominasi benak para konsumen dan muncul pertama kali sehingga dalam level ini mereka tidak membutuhkan pengingat apapun untuk bisa mengenalibrand produk tertentu.

Sebuah identitas yang kuat membutuhkan icon yang kuat, tagline yang menekankan brand promise, serta sistem identitas yang fungsional. Setelah Anda memiliki basis konsumen yang kuat, penting bagi merek Anda untuk tetap berada di top of mind dari konsumennya. Hal ini penting agar mereka selalu mengingat merek anda ketika mereka siap untuk melakukan pembelian ulang. Untuk bisa sampai ke level top of mind, tentunya dibutuhkan strategi promosi khusus untuk menanamkan brand produk yang cukup kuat. Untuk mendapatkan brand awareness dan mempertahankannya, Anda harus dapat memegang teguh brand promise produk Anda, dan menyampaikannya dengan konsisten dalam setiap interaksi dengan konsumen.

Tags:
brand awareness, brand message, brand promise, brand recall, consumers, effective marketing, images, logo, product brand, promotional strategies, slogan, tagline, top of mind
Share this:

The Importance of Creativity and Innovation in Business

05 November 2018 Advertising

The Importance of Creativity in Advertising

17 December 2019 Advertising

Ideal Muslim Integrates Personal and Social Piety

17 April 2013 News
Prev Post
Next Post

PT Fortune Indonesia Tbk

Menara BCA, Lantai 36, Suite 3603,
Jl. M.H. Thamrin No 1,
Kel. Menteng, Kec. Menteng,
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310

P: +62 21 23587333
E: corsec@foru.co.id

© Fortuna