PAUD Cilandak Timur Belajar Mengenal Hewan

Mendung pada hari Selasa 9 Desember 2014 tidak menghalangi semangat anak-anak usia dini belajar di PAUD Cilandak Timur Jakarta. Kali ini mereka belajar mengenal jenis-jenis hewan yang diajarkan oleh dua warga Fortune yaitu Nur Rochim Achmad selaku HCD Manager Fortune Indonesia dan Shinta Widianti selaku konsultan PR Fortune PR.

Kegiatan dimulai dengan diperkenalkannya jenis-jenis hewan melalui gambar oleh kedua warga. Mulai dari hewan mamalia hingga hewan reptil. Rochim menunjukkan gambar per gambar yang kemudian disebutkan nama hewannya oleh para murid. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, murid-murid pun diajak menebak nama hewan dalam bahasa Inggris.

“Sekarang kita mendongeng ya tentang kuda dan kancil di hutan,” ujar Rochim bercerita sambil memegang patung kuda sebagai peraga. Melalui cerita tersebut Rochim berpesan kepada murid-murid untuk tidak sombong dan harus saling melindungi sesama. Tak mau ketinggalan, Shinta pun bercerita dengan media buku gambar yang menarik perhatian murid-murid. Sambil bercerita Shinta menyebutkan nama-nama hewan seperti paus, burung merpati, kodok, kuda, kucing, dan lainnya.

Usai mendengarkan cerita, murid-murid mewarnai gambar hewan di sebuah kertas. Setiap murid mendapat kertas dan pensil warna. Tampak murid-murid antusias mewarnai. Lima menit berlalu, satu per satu murid menyelesaikan tugasnya. “Aku sudah. Ini kuda warna merah,” seru Ibad, salah satu murid PAUD Cilandak Timur Jakarta.

Keceriaan murid-murid masih terus menyala tatkala Shinta dan Rochim mengajak mereka bernyanyi. Dua lagu dinyanyikan bergantian sambil bertepuk tangan. Lagu pertama berjudul Burung Kakak Tua. Sedangkan lagu kedua adalah Helly. “Helly.. Guk guk guk.. Kemari.. Guk guk guk.. Ayo lari-lari..”

“Senang bisa ikut berbagi dan belajar sama anak-anak, dapat ilmu juga dari pengajar PAUD-nya. Kegiatan kayak ini bisa dijadikan penyegaran di tengahtengah kerjaan dan tuntutan kerja,” kata Shinta.

Materi pelajaran yang dibawakan oleh Shinta dan Rochim mendapat respon positif dari Ros Sinaga salah satu guru di PAUD Cilandak Timur. Ros pun senang kegiatan mendongeng menuai pertanyaan dari beberapa murid. Hal ini menandakan adanya rangsangan terhadap otak murid saat mendengarkan cerita dari Rochim maupun Shinta. “Bagus ya sudah diselipin bahasa Inggris juga, untuk melatih lidah anak-anak ini,” kata Ros.