Mengenal dan Mengikuti Dunia Digital Marketing

Oleh : Eva Ulisiana

rp_digitalmarketingbagan.jpgDigital marketing merupakan marketing yang menggunakan semua peralatan elektronik untuk mengikutsertakan para pemangku kepentingan. Digital marketing kini menjadi bagian terpenting dalam ilmu marketing. Seperti yang  kita ketahui, bahwa kita hidup di era digital, dimana hampir semua orang terdekat kita selalu menggunakan peralatan seperti smartphone atau lain sebagainya. Berikut ini adalah bagaimana perusahaan di Amerika menghabiskan uang di berbagai media cetak maupun online serta bagaimana kenaikan pengeluarannya,

Grafik info disamping dapat disimpulkan bahwa kenaikan pengeluaran di media online mengalami kenaikan yang sangat tinggi dibandingkan media lainnya. Hal ini membuktikan bahwa banyak perusahaan sudah menaruh perhatian lebih tinggi kepada saluran-saluran digital.

Berkembang pesatnya dunia digital di dunia, inilah yang membuat saya tertarik akan digital marketing. Dunia digital marketing yang bersifat dinamis, memacu saya untuk terus selalu belajar mengikuti perkembangan tren digital marketing terkini. Saya ingin menjadi seorang digital strategist di masa mendatang nantinya. Hal ini penting bagi saya karena dunia digital marketing sangat dibutuhkan dimana-mana.

Salah satu inspirasi di dunia digital marketing adalah Nancy Richardson. Ia merupakan wakil presiden di bidang strategi digital & brand di Lululemon. Nancy Richardson memulai awal kariernya di Starbucks. Sekarang ini, ia sering menjadi pembicara di berbagai forum untuk membagikan pengalamannya dimana ia sangat bersemangat karena dunia ini adalah passion-nya.

Agar dapat mewujudkan impian saya, maka saya harus menetapkan rencana-rencana sebagai berikut,

  • Belajar mengenai dunia digital marketing

Sama halnya dengan belajar dibidang lain, saya akan belajar baik dari berbagai sumber mulai dari artikel, buku dan lain sebagainya hingga belajar langsung dengan menangani proyek di bidang digital marketing

  • Mengikuti berbagai forum/komunitas mengenai dunia digital marketing

Dikarenakan banyaknya forum-forum yang membahas digital marketing, maka saya akan menambah wawasan di luar yang telah saya pelajari. Selain itu pula, menambah networking juga untuk lebih bertukar pikiran seputar digital marketing.