Trend Mobile Marketing dalam Industri Periklanan
Alat pemasaran dapat tersedia dalam berbagai bentuk. Periklanan adalah salah satu alat pemasaran. Namun iklan dapat menjadi masalah jika perusahaan tidak memiliki anggaran yang memadai. Tetapi pemasar dapat yakin karena ada alat iklan terjangkau. Alat terjangkau adalah mobile advertising, bentuk iklan melalui ponsel atau perangkat mobile lainnya seperti tablet PC. Mobile marketing masih menjadi cara terbaik dalam industri periklanan.
Ada beberapa faktor yang akan membantu pemasaran mobile menjadi pemain penting dalam industri periklanan. Ponsel dapat dianggap sebagai perangkat orang yang paling pribadi. Beberapa orang bahkan memiliki lebih dari satu ponsel. Iklan mobile membiarkan pengiklan memilih target audiens yang tepat dengan memilih faktor-faktor seperti merek, telekomunikasi dan sistem operasi tentang target audiens. Keuntungan lain dari menggunakan iklan mobile adalah biaya awal yang rendah. Ini adalah alat yang efektif bagi pemasar yang memiliki jumlah terbatas anggaran pemasaran.
Ada beberapa jenis iklan di iklan mobile. Jenis iklan seluler adalah iklan SMS, iklan banner, iklan pencarian dan iklan app. Pada artikel ini kita akan fokus pada applikasi iklan. Dengan menggunakan media smartphone seperti iPhone dan handset Android lain, users dapat melihat dan berinteraksi dengan iklan. Itulah yang menyebabkan iklan app menjadi yang terdepan dan iklan yang memperoleh popularitas dalam beberapa tahun terakhir.
Aplikasi iklan menarik karena menawarkan interaktivitas dan menyenangkan. Pengguna akan melihatnya sebagai alat promosi yang canggih. Contoh aplikasi iklan adalah iklan yang memberitahu pengguna smartphone untuk mengguncang (shake) telepon atau menghapus layar untuk membuka iklan. Aplikasi iklan ini memiliki masa depan cerah, dan tentu saja sebagai pengiklan harus selalu mencari cara kreatif untuk melaksanakan interaksi yang menyenangkan untuk memasang iklan.