Indonesia menjadi Negara paling Reliant dalam Penggunaan Mobile Internet di ASEAN

Hampir setengah dari semua pengguna internet di Indonesia mengakses internet melalui ponsel mereka dan dipastikan jumlah ini akan meningkat. Menurut research yang dibuat oleh Nielsen, peningkatan dalam pembelian ponsel yang menggunakan fitur internet akan terjadi dalam 12 bulan ke depan.

Hasil research Nielsen menemukan bahwa 48 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan ponsel untuk mengakses internet. Hal ini menjadikan Indonesia di mata ASEAN sebagai pasar yang paling besar bergantung pada internet. Tren ini akan terus berlanjut, 53 persen pengguna internet Indonesia terbukti telang menggunakan ponsel untuk mengakses internet dan 30 persen melalui tablet dalam 12 bulan ke depan.

Menurut Irawati Pratignyo, Managing Director Nielsen Media divisi di Indonesia, “Internet dalam genggaman seperti ponsel dan tablet menawarkan akses mudah ke Internet untuk banyak orang Indonesia tanpa harus bergantung pada ketersediaan layanan broadband kecepatan tinggi di rumah mereka dan hal ini menjadi titik indikator menuju pertumbuhan yang signifikan dalam akses internet melalui perangkat mobile dan handheld selama 12 bulan berikutnya dan seterusnya.”

Hal yang membedakan Indonesia dengan Negara ASEAN lainnya adalah untuk mayoritas pengguna internet Indonesia (66%), kafe Internet adalah lokasi yang paling populer untuk mengakses Internet, berbeda dengan mayoritas pasar ASEAN dimana akses internet paling umum adalah dari rumah (67%). Sebagian besar konsumen Indonesia digital (46%) juga mengakses Internet dari tempat-tempat lain seperti ponsel dan portabel Internet lainnya seperti tablet.

“Lokasi di mana konsumen mengakses internet mencerminkan bagaimana koneksi kecepatan internet mereka ke komputer di rumah,” menurut Irawati. Semakin sulit mendapatkan internet di rumah maka semakin besar kemungkinan masyarakat mencari koneksi internet di luar rumah.Di Singapura, ketersediaan infrastruktur Internet yang baik telah memfasilitasi masyarakat nya untuk menggunakan internet di rumah. Terlebih lagi karena internet yang ditawarkan masih dalam batas harga yang wajar.