Memilih Advertising Agency yang Tepat
Dengan semakin berkembang dan banyaknya creative agency Indonesia, dapat diketahui bahwa iklan sudah menjadi inti dari sebuahbrand building dan marketing perusahaan. Hal ini karena kompetisi yang semakin besar dan memunculkan kebutuhan untuk membuat brand produk atau jasa sebuah perusahaan terlihat lebih unggul. Tentu saja mewujudkan hal semacam ini tidak semudah yang dibayangkan. Untuk membuat iklan dengan cara yang efektif, sebuah advertising agency awalnya harus mengetahui seluk beluk bisnis perusahaan yang menggunakan jasa mereka. Para agen iklan haruslah ahli media yang memiliki kreativitas dan pengetahuan yang luas tentang tren industri dan berbagai metode promosi. Sebuah biro iklan yang terpercaya sewajarnya memungkinkan pengiklan untuk memperkenalkan brand mereka tidak hanya pada platform regional, tetapi juga pada platformnasional atau bahkan internasional, sesuai dengan lingkup target market yang mampu dijangkau.
Pilihlah advertising agency yang handal. Para pengiklan harus memiliki beberapa pedoman, sebelum membuat pilihan akhir tentang sebuah biro iklan yang tepat. Pencarian untuk agensi tidak harus terbatas pada geografis. Meskipun dulu perusahaan iklan lebih banyak ditemukan di ibukota, tapi sekarang di kota-kota bisnis yang lebih kecil juga sudah mulai banyak ditemukan agen iklan profesional. Saat ini, metode yang efektif untuk berkomunikasi dan bekerja dalam koordinasi memungkinkan perusahaan iklan untuk bekerja sama dengan klien mereka. Selain itu, calon agensi iklan tidak harus disaring atau seleksi menurut ukuran mereka. Efisiensi perusahaan-perusahaan jasa periklanan dapat tercapai. Namun demikian, para pengiklan tetap harus menjaga pilihan mereka terbuka lebar, dan tidak hanya mempertimbangkan pengalaman (portfolio) tetapi juga konteks pemahaman agensi iklan terhadap objektif yang dihadapi. Sedikit wawancara dapat memperjelas agensi mana yang handal untuk mengerjakan iklan tersebut.
Memahami hasil kerja advertising agency. Para pengiklan juga harus menekankan pada karya presentasi dari biro iklan pilihan mereka, dengan tetap menganalisis kinerja biro iklan dengan analisis yang mendalam. Ingat bahwa hasil kinerja di atas kertas saja tidak dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan, terkadang firasat juga memiliki banyak andil dalam melakukan seleksi. Sebelum memilih, kita harus memiliki gagasan yang jelas tentang jenis biro iklan yang dibutuhkan, apakah akan digunakan untuk membuat produk iklan atau hanya untuk perencanaan strategis. Pencarian biro iklan yang tepat juga bisa dilakukan dengan memperhatikan produk iklan yang beredar di pasaran. Cari produk iklan yang dirasa cocok dan sesuai dengan brand, kemudian temukan agensi iklan yang membuat iklan tersebut.