Kiat Menjadi Negosiator yang Handal
Negosiator merupakan salah satu jenis bidang pekerjaan. Namun terkadang, kemampuan negosiasi juga diperlukan oleh seseorang dalam suatu perusahaan untuk tujuan-tujuan tertentu. Memenangkan negosiasi bisnis menjadi langkah awal yang baik bagi sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan harusnya memiliki seorang negosiator yang handal karena ini merupakan aset berharga. Negosiator yang handal dapat mencapai tujuan awal negosiasi tanpa mengesampingkan kepentingan pihak-pihak lain, sehingga diperoleh hasil akhir yang terbaik bagi semua pihak (win-win-solution). Berikut ini adalah kiat-kiat untuk menjadi seorang negosiator yang handal:
Pertama, kenalilah calon customer Anda. Cari tahu kebutuhannya serta latar belakang mengapa dia membutuhkan barang atau jasa kita. Jika kita tahu bahwa calon customer kita benar-benar menginginkan barang atau jasa kita dan bukan hanya sekedar bertanya, maka negosiasi akan lebih mudah dilakukan karena kebutuhannya sudah ada.
Kedua, orang senang dengan penawaran yang terbaik. Karena itu, sedapat mungkin jangan memberi harga pas kepada customer anda tetapi harga yang masih bisa ditawar. Ingatlah bahwa customer selalu suka menawar dan akan merasa senang jika penjual bisa memberikan diskon dan harga terbaik. Bila Anda adalah penjual, maka turunkanlah harga Anda sedikit demi sedikit hingga bertemu dengan penawaran dari pembeli. Jika Anda adalah pembeli, maka naikkanlah penawaran Anda sedikit demi sedikit hingga bisa bertemu dengan harga yang ditawarkan penjual.
Ketiga, ada orang yang bisa membuat keputusan secara cepat, namun ada pula yang butuh waktu untk berpikir lagi, Bagi mereka yang butuh waktu untuk berpikir, sebaiknya jangan terlalu memaksa. Beri dia waktu untuk berpkir, namun beri batas waktu. jika customer tersebut memutuskan untuk membeli dalam jangka waktu tertentu, maka dia akan mendapatkan special discount (diskon khusus) atau special treatment (perlakuan khusus). Hal ini akan membuat customer kita berpikir dan memutuskan dengan lebih cepat.
Keempat, berikan kepercayaan pada customer. Ketika Anda berhasil memenangi sebuah negosiasi bisnis, Anda perlu memiliki kemauan untuk melihat segala hal dari sudut pandang customer. Bukan hanya memenangkan negosiasi yang diutju, namun lebih kepada mampu memahami sudut pandang lawan dan menunjukkan niat untuk memenuhi kebutuhan lawan negosiasi Anda. Berikan mereka kepercayaan, tapi bukan berarti memberikan segalanya.