Pentingnya Membangun Brand Awareness
Brand awareness merupakan salah satu cara untuk mengukur efektivitas pemasaran yang diukur oleh kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah brand tertentu. Dalam hal ini bisa meliputi nama, gambar, logo, serta slogan tertentu yang digunakan para pelaku pasar untuk mempromosikan produk-produknya. Brand awareness menjadi salah satu faktor penting dalam brand yang kuat (faktor lainnya adalah diferensiasi yang relevan). Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa brand awareness memiliki korelasi yang tinggi dengan intensitas pembelian, pangsa pasar dan ekuitas merek penting lainnya serta matriks bisnis. Sebab, tak bisa kita pungkiri bila semakin banyak konsumen yang mengingat produk Anda, maka semakin besar pula intensitas pembelian yang akan mereka lakukan.
Menurut Aaker, brand awareness sendiri didefinisikan menjadi 3 tingkatan, yakni sebagai berikut:
- Brand recognition
Recognitionatau pengenalan mencerminkan keakraban dan menghubungkan sesuatu yang dikenal dari ingatan terdahulu. Pengenalan adalah tingkatan terendah dari brand awareness. Untuk mengetahui brand recognition biasanya digunakan bantuan agar konsumen mengingat sebuah brand tertentu. - Brand recall
Brand recallmerupakan pengingatan kembali terhadap merek. Pengingatan kembali ini mencerminkan kesadaran merek ketika merek tersebut muncul dalam benak konsumen segera setelah merek tertentu disebutkan. Dalam brand recall, konsumen tidak membutuhkan bantuan untuk mengingat produk. - Top of mind
Adalah tingkatan tertinggi dimana brand tertentu telah mendominasi benak para konsumen dan muncul pertama kali sehingga dalam level ini mereka tidak membutuhkan pengingat apapun untuk bisa mengenalibrand produk tertentu.
Sebuah identitas yang kuat membutuhkan icon yang kuat, tagline yang menekankan brand promise, serta sistem identitas yang fungsional. Setelah Anda memiliki basis konsumen yang kuat, penting bagi merek Anda untuk tetap berada di top of mind dari konsumennya. Hal ini penting agar mereka selalu mengingat merek anda ketika mereka siap untuk melakukan pembelian ulang. Untuk bisa sampai ke level top of mind, tentunya dibutuhkan strategi promosi khusus untuk menanamkan brand produk yang cukup kuat. Untuk mendapatkan brand awareness dan mempertahankannya, Anda harus dapat memegang teguh brand promise produk Anda, dan menyampaikannya dengan konsisten dalam setiap interaksi dengan konsumen.