Dua Iklan Karya Fortune Indonesia Berhasil Meraih Most Loved Indonesia Ramadhan Ads 2018 Versi Kantar Millward Brown

Hasil studi Kantar Millward Brown soal Iklan Ramadhan yang paling disukai di 2018 (Most Loved Indonesian Ramadan Ads 2018) menyebutkan bahwa untuk menjadi iklan yang unik dan mudah diingat, ditengah keramain iklan yang ada, suatu merek harus lebih berinovasi didalam bercerita untuk menciptakan hubungan yang berkesan kepada pemirsanya, melalui iklan tersebut. Kita patut berbangga karena Fortune turut memberi warna melalui dua karya TVC yaitu Puasa Lebaran Pertamina dan Puasa Lebaran Djarum.  

TVC Puasa Lebaran Pertamina dengan tema ‘Tabungan Terbaik’ mengingatkan kita betapa pentingnya sedekah. Sedekah adalah tabungan terbaik kita di dunia karena kelak di akhirat kita akan bernaung atau berlindung di bawah sedekahnya. Dengan latar belakang konflik batin antara anak lelaki dengan ayahnya, dimana sang anak merasa ayahnya menyembunyikan sesuatu darinya. Karena tiap kali ia mengantar ayahnya mengambil pensiun, ayahnya selalu memintanya mengantarkannya ke sebuah jembatan. Hingga suatu ketika rasa penasaran sang anak tak terbendung lagi, membuatnya bertekad untuk menelusuri jembatan yang selalu dituju Ayahnya dan pada akhirnya ia menemukan jawaban yang membuat dia menjadi paham tujuan dari Ayahnya selama ini.

  

Kemudian, melalui TVC Puasa Lebaran Djarum yang mengangkat tema tentang persahabatan. Iklan ini menceritakan tentang dua sahabat dengan mimpi yang sama untuk menjadi pemain sepak bola profesional. Suatu ketika salah satunya tanpa sengaja membuat karir sahabatnya terhenti dan terjadilah konflik di antara mereka. Pesan yang ingin disampaikan sangat sederhana tentang berbesar hati untuk memaafkan dan meminta maaf demi mempertahankan persahabatan sejati memperlihatkan betapa kuatnya arti dari kata minta maaf.

  

Emma Mussell, Group Account Director and Head of Creative, Kantar Millward Brown Indonesia mengungkapkan, studi ini mengungkapkan juga banyaknya tema iklan yang bersifat orisinil selama musim liburan, dengan membawa sudut pandang baru bagi motif iklan tradisional di dunia periklanan. Berdasarkan studi ini, iklan Ramadhan terbaik hampir 1,5 kali lebih unik dibandingkan iklan rata-rata dalam database periklanan Indonesia Kantar Millward Brown Link.

Cinta, kebersamaan, dan kemurahan hati merupakan tema tradisional Ramadhan yang selalu diangkat oleh merek di Indonesia, namun dengan penyampaian yang berbeda-beda. Beberapa dari tema yang menerima reaksi baik dari pemirsa di antaranya, perbuatan baik yang sederhana, mencerminkan masa lalu dan masa sekarang, sudut pandang baru dan pahlawan baru.

Dengan tingkat kematangan merek dan kategori di Indonesia, iklan yang sangat baik telah menjadi lebih penting dibandingkan dengan sebelumnya untuk mendapatkan perhatian pemirsa. Ramadhan tahun ini menunjukkan bagaimana iklan yang sukses membawa tema yang dekat dengan konsumen Indonesia, membawa tren budaya yang sedang berlangsung, lalu dikombinasikan dengan kreatifitas untuk membawa perspektif baru dalam tema yang familiar.

 
Sumber:
http://www.neraca.co.id/article/105013/iklan-edisi-ramadhan-yang-paling-disukai-hasil-studi-kantar-millward-brown
https://www.viva.co.id/digital/doktek/1066026-video-6-iklan-inspiratif-yang-bikin-hati-luluh-lantak
http://fortuneindo.com/read/id/news/pertaminas-best-ramadan-savings-with-fortune-indonesia/