berut1-minTim Soleram Fortune Indonesia mendapat kehormatan dengan ditunjuk langsung oleh Olympic Council of Asia (OCA) -yang yang membawahi semua olimpiade olahraga yg ada di Asia, untuk menangani pembuatan iklan televisi Asian games 2018 yang akan digelar di Indonesia. Soleram diminta menangani dua iklan televisi sekaligus, baik versi yang akan tayang di Indonesia maupun versi yang akan ditayangkan di seluruh Asia, serta di beberapa negara di Amerika dan Eropa.

“Keseruannya sudah dimulai saat awal kita di-announce untuk menangani project ini. Antusiasme sangat kami rasakan bahkan dari sebelum kita memulai pengerjaannya. Bisa dibilang, ini adalah pekerjaan yang kesempatannya bisa kita dapatkan hanya sekali dalam seumur hidup, mengingat Asian Games baru akan diselenggarakan lagi di Indonesia sekitar 50 tahun mendatang,” pungkas Gregorius Murdianto (Creative Group Head) yang menangani project ini.

TimelIMG_20170919_134408ine yang ketat, melibatkan dua Production House, dan dua Director berbeda menjadi tantangan tersendiri dalam menangani project ini. Tim Soleram mengaku kerjasama dan komunikasi yang baik menjadi kunci suksesnya penyelesaian project ini. Keseluruhan proses mulai dari membuat dan mematangkan konsep, proses pengambilan gambar, hingga proses editting memakan waktu dua bulan. Pengambilan gambar dilakukan di Yogyakarta, palembang, dan Jakarta sekitarnya, serta melibatkan beberapa atlet ternama termasuk Taufik Hidayat dan  I Gede Siman Sudartawa.

Versi indonesia: “Reflection of Indonesia”

Merefleksikan perasaan seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang sangat antusias bersiap menyambut kehadiran Asian Games di Indonesia, salah satu ajang olahraga terbesar di Asia. Indonesia kembali menjadi tuan rumah Asian Games sejak terakhir kali berpuluh-puluh tahun lalu pada 1962. Olahraga mampu menyatukan semua masyarakat Indonesia baik yang di kota maupun yang di desa dalam euforia yang sama.

Versi Asia: “Colour of Asia”WhatsApp Image 2017-10-31 at 12.48.46

Colour di sini divisualisasikan melalui powder beragam warna yang menampilkan keberagaman kultural yang dimiliki negara-negara di Asia. Melalui kombinasi antara powder warna, visual gerakan olahraga, dengan alunan perkusi dari alat musik khas masing-masing negara, TVC ini menyampaikan pesan bahwa keberagaman menjadi energi yang menyatukan Asia.

Kerja keras tim Soleram selama pengerjaan dua iklan televisi ini diganjar apresiasi yang luar biasa dari OCA. “Selesai preview, mereka langsung tepuk tangan dan mengucapkan terima kasih untuk hasil yang sangat bagus. Lega banget rasanya klien puas dengan hasil kerja kita,” pungkas Claudia Ananda Nauli (Senior Account Manager, Soleram).

Kedua iklan televisi tersebut akan mulai tayang pada awal November 2017. Selain menangani dua iklan televisi Asian Games, saat ini Tim Soleram tengah mempersiapkan program usulan untuk integrated campaign mulai dari activation, digital, dan media. “So far kan media buying-nya baru di televisi saja, kita sedang berkoordinasi dan mengusulkan untuk iklan ini juga tayang di Cinema,” tutur Claudia lagi.

Tim Soleram berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan telah bekerjasama dengan baik dalam pengerjaan project ini. Rahma Fatia, Copywriter Soleram, berharap semoga pesan yang ingin disampaikan melalui TVC ini dapat tersampaikan dan diterima dengan baik oleh masyarakat yang menonton.