Jawapos.com ‎Berdasarkan World Health Organization (WHO) penyakit kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia. Setidaknya, ada 14 juta kasus kanker baru dan 8,2 juta kematian.

Meski begitu, ‎terdapat 5,8 juta yang dapat terus hidup setiap tahun. Menurut coach atau therapist Indira Abidin‎, penderita kanker yang masih bertahan itu perlu diperhatikan. Tujuannya, untuk membangun semangat dan motivasi penderita kanker.

Salah satu caranya, kata dia, dengan menggunakan metode coaching yang sudah teruji. Keluarga dan komunitas ‎dapat membantu penderita mengatasi kanker‎.

‎”Pola komunikasi coaching sangat penting dalam proses penyembuhannya‎,” ujar ketua umum Yayasan Lavender Indonesia atau Lavender Ribbon Cancer Support Group itu, di acara World Game Coaching Conference 2016 di Bali, Rabu (6/4).

Indira menjelaskan, metode coaching berbeda dengan konsultasi, mentoring, atau training. Coaching adalah proses pembangunan inspirasi untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional. Dia juga berharap para dokter memiliki kompetensi coaching.

“Sehingga, kita dapat meningkatkan kesempatan hidup para penderita kanker,” kata pemilik sertifikasi professional coach dari Federasi Coach Internasional (ICF) dan Erickson College International Kanada. (rka/JPG)

 

Sumber :http://www.jawapos.com/read/2016/04/06/23201/sembuhkan-penderita-kanker-dengan-metode-coaching