Setelah selesai menggarap dan mengujicoba parenting kit, kini Sanggar Fortune dan Komunitas Rumah Pencerah tengah sibuk mengaplikasikan parenting kit tersebut melalui berbagai pelatihan orangtua. Bulan ini, Sanggar Fortune bersama Komunitas Rumah Pencerah mengadakan pelatihan orangtua di Kohod, Tangerang. Berbeda dari pelatihan-pelatihan sebelumnya, para narasumber dalam pelatihan ini bukanlah pengarang modul pengayaan melainkan pada orangtua yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk menguji coba parenting kit beserta alat bantu dalam memudahkan siapapun membawakan materi dalam modul pengayaan orangtua.

Pelatihan ini mengupas tuntas enam bab modul pengayaan orangtua dengan dibagi menjadi tiga sesi pertemuan, setiap sesinya membahas dua bab dari modul pengayaan orangtua. Tercatat peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak kurang lebih seratus orang dari tiga PAUD berbeda yakni PAUD Faturrahman, PAUD Cahaya Anak Bangsa, dan PAUD Cahaya Hati. Ketiga PAUD tersebut berada di daerah cukup terpencil di Kohod Tangerang.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi panduan bagi para orangtua untuk mendidik anak secara baik dan benar. Di kota-kota besar umumnya orangtua sudah memahami pola asuh yang benar, sedangkan di daerah terpencil seperti ini peran dan pemahaman orangtua masih sangat perlu dimaksimalkan,” pungkas Octaviniant Aspary, CSR Freelancer Fortune Indonesia. “Beberapa peserta pelatihan kali ini bahkan tidak bisa membaca dan menulis, di sini peran fasilitator ekstra dibutuhkan untuk terus mendampingi dan memastikan semua orangtua bisa menyerap materi yang disampaikan,” tambahnya.