MONITORDAY.com, Jakarta – Sanggar Fortune dan Komunitas Rumah Pencerah (KRP) meluncurkan materi pengayaan orangtua dan guru PAUD. Materi ini ditujukan sebagai panduan serta rujukan bagi orangtua maupun guru di seluruh Indonesia dalam mendidik dan mengasuh anak usia dini secara baik dan tepat.

Materi pengayaan orangtua dengan judul Menjadi Orangtua Cerdas ini, terdiri dari enam bab diantaranya Memahami Peran Orangtua; Memahami Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Pola Pengasuhan Positif; Membangun Komunikasi Positif; Konsep Diri; serta Mendidik dan Membimbing Anak di Era Digital. Sedangkan materi pengayaan guru yang diberi judul Guru Cahaya Masa Depan, terdiri dari 18 bab diantaranya pendidik sejati, menangani perubahan abad 21, manajemen kelas, alat permainan edukatif, mengajar sesuai cara kerja otak, dll.

Kedua materi ini telah melewati tiga kali tahap uji coba, yakni melalui program pelatihan guru dan orangtua. Dari hasil evaluasi, 97% dari total 150 peserta guru menyatakan bahwa pemateri dalam pelatihan ini bagus dan bagus sekali. Sebanyak 98% peserta ini juga menyatakan bahwa mereka sangat merasakan manfaat pelatihan ini. Beberapa konten materi pengayaan orangtua dijadikan rujukan dalam penyusunan Road Map materi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

“Sudah saatnya Pendidikan Anak Usia Dini menjadi perhatian utama kita bersama. Karena memberikan pendidikan terbaik pada usia dini berarti membangun fondasi human capital yang kuat bagi para penerus bangsa ini,” ujar Indira Abidin, Ketua Yayasan Sanggar Fortune sekaligus Direktur Fortune Group di kediaman Anies Baswedan, Jakarta, Kamis (12/11).

Melengkapi materi pengayaan ini, Sanggar Fortune dan KRP juga memfasilitasi penyelenggaraan program pelatihan bagi orangtua dan guru PAUD. Hal ini ditujukan agar orangtua dan guru dapat memahami materi pengayaan lebih mendalam dan komprehensif. Juga memberikan arahan bagi orangtua dan guru PAUD dalam setiap pengaplikasiannya. Sanggar Fortune dan KRP menargetkan materi pengayaan dan program pelatihan ini dapat diserap oleh seluruh wilayah di Indonesia pada tahun 2020 mendatang.

“Peluncuran materi dan penyelenggaraan program pelatihan bagi orangtua dan guru PAUD ini sejalan dengan visi kami, yakni terwujudnya orangtua dan guru yang berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pengasuhan dan pendidikan anak usia dini. Serta memberdayakan orangtua dan guru PAUD dalam menciptakan lingkungan yang positif dan kondusif bagi tumbuh kembang anak,” kata Fery Farhati, Pembina Komunitas Rumah Pencerah.

Fery juga mengatakan bahwa peluncuran materi serta program pelatihan ini merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan PAUD Berkualitas yang sedang dijalankan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (arf)

Sumber : www.m.monitorday.com