Jambore Sanggar Fortune 2016Jakarta, 10 September 2016 – Sanggar Fortune bersama Kidzania Jakarta hari ini menggelar Festival Keluarga 2016 di Taman Buni Jakarta Selatan. Kegiatan ini sejatinya adalah Jambore Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang rutin diselenggarakan Sanggar Fortune setiap tahunnya. Namun, tahun ini Sanggar Fortune mengemasnya menjadi Festival Keluarga dengan mengusung tema “Keluarga Bahagia, Indonesia Sejahtera”.

Demi mewujudkan Indonesia yang sejahtera, salah satu faktor terpenting adalah kualitas anak-anak sebagai penerus bangsa. Anak-anak yang tercukupkan dari segi emosional dan pendidikan akan tumbuh menjadi anak yang berkualitas. Tentunya keluarga menjadi garda terdepan dalam proses tersebut.

Beragam aktivitas dalam Festival Keluarga ini mengedepankan keikutsertaan keluarga dengan mengangkat empat konsep besar yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, dan keluarga berbagi. Empat konsep terebut sejalan dengan apa yang dicanangkan BKKBN sepanjang tahun 2016 demi memperkuat ketahanan keluarga di Indonesia. Lomba yang digelar antara lain lomba kaki tiga, lomba tangkap bola, dan lomba susun puzzle.

Lomba Kaki Tiga melatih kekompakan keluarga“Keluarga sebagai unit terkecil adalah wahana pertama dan utama dalam membentuk karakter bangsa dan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Komunikasi dan hubungan yang baik antar anggota dalam keluarga merupakan syarat utama yang harus terpenuhi agar peran keluarga tersebut dapat berfungsi dengan baik. Kami berharap Festival Keluarga ini menjadi media yang menyenangkan untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan dalam keluarga,” ungkap Miranty Abidin, Founder Sanggar Fortune.

Selain berbagai lomba yang melibatkan kerjasama dan komunikasi antara anak dan orangtua, Festival Keluarga ini juga dimeriahkan oleh aktivitas permainan yang disediakan oleh Kidzania Jakarta. Ratusan murid PAUD di Jakarta Selatan dapat merasakan serunya memerankan berbagai profesi termasuk menjadi dokter gigi, arkeolog, model, dan juga pelukis secara gratis. Dalam proses memerankan berbagai jenis profesi, anak-anak mendapatkan pengalaman, nilai-nilai, dan ketrampilan yang mendukung kesuksesan mereka.

 

Keluarga Bahagia, Indonesia SejahteraBermain Peran Sebagai Dokter Gigi

Melihat bahwa fondasi dari sebuah bangsa yang besar adalah keluarga, Sanggar Fortune mengusung “Keluarga Bahagia, Indonesia Sejahtera” sebagai tema program pemberdayaan masyarakat yang dilancarkan Sanggar Fortune sepanjang tahun 2016 demi meningkatkan kualitas keluarga Indonesia. Tiga program utama yang dijalankan antara lain Warga Mengajar, KITA bercerita, dan Warung Senang.

Program Warga Mengajar menawarkan kesempatan bagi masyarakat untuk berbagi ilmu kepada siswa, guru, maupun orangtua murid PAUD Sanggar Fortune, termasuk di dalamnya pelatihan pola pengasuhan anak yang baik. Gerakan Keluarga Indonesia Teman Anak Bercerita (KITA Bercerita) adalah kolaborasi antara Rajawali Group dan Sanggar Fortune yang bertujuan untuk membawakan cerita sebanyak-banyaknya kepada anak Indonesia, menyampaikan pengetahuan dan nilai-nilai luhur dengan cara yang menyenangkan, dan menginspirasi para orang tua agar mau bercerita kepada anaknya. Sedangkan Warung Senang lebih fokus pada pemberdayaan  ekonomi bagi para guru dan orangtua murid PAUD Sanggar Fortune. Warung Senang memberi pemasukan tambahan bagi para guru dan orangtua murid PAUD Sanggar Fortune melalui berbagai produk makanan sehat yang mereka buat.

 

Tentang Sanggar Fortune

Sanggar Fortune merupakan program Corporate Social Responsibility PT Fortune Indonesia Tbk. (IDX: FORU). Kepedulian sosial yang telah dimulai sejak 2008 ini fokus pada pemberdayaan masyarakat dan pendidikan anak usia dini (PAUD). Saat ini, Sanggar Fortune telah memiliki 6 sekolah PAUD yang tersebar di Pondok Pinang, Ragunan, Lenteng Agung, dan Cilandak Timur. Sanggar Fortune memiliki total 180 siswa dan 30 guru peduli. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.sanggarfortune.org