JAKARTA, JITUNEWS.COM – Golden age merupakan masa usia emas seorang anak, dengan kategori usia 0-5 tahun. Di usia tersebut, merupakan momentum untuk generasi muda bangsa sudah harus mulai dipupuk dengan nilai-nilai yang bertujuan untuk membentuk sebuah karakteristik. Kenyataannya, banyak pola asuh dari sebagian besar orang tua maupun guru disekolah yang belum sepenuhnya mendidik dan mengasuh anak usia dini secara baik dan tepat.

“Pendidikan usia dini harus menjadi perhatian utama kita bersama, karena memberikan pendidikan terbaik pada usia dini berarti  membangun fondasi human capital yang kuat bagi para penerus bangsa,” tutur Indira Abidin, selaku Ketua Yayasan Sanggar Fortune sekaligus menjabat sebagai Direktur Fortune Group kepada JITUNEWS, Kamis (11/12)

Beranjak dari hal ini, Sanggar Fortune dan Komunitas Rumah Pencerah (KRP) akhirnya meluncurkan dua buah buku yang berisi materi pengayaan yang ditujukan untuk orang tua dan guru PAUD yang berlokasi di kediaman Fery Farhati selaku Pembina Komunitas Rumah Pencerah (KRP) di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Buku tersebut berjudul Menjadi Orangtua Cerdas dan Guru Cahaya Masa Depan, yang masing-masing berisi enam bab dan delapan belas bab. Kedua buku tersebut sudah menjalani serangkaian uji coba yang dilakukan selama tiga kali, melalui program pelatihan guru dan orang tua. Hasilnya pun menyebutkan bahwa 97% dari total 150 peserta guru berpendapat bahwa pemateri dalam pelatihan yang diterima mereka sangat bagus. Untuk itu, melalui materi pengayaan dan program pelatihan ini ditargetkan dapat diserap dan di implementasikan oleh seluruh PAUD di Indonesia pada tahun 2020 mendatang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Fery Farhati yang menjabat sebagai Pembina Komunitas Rumah Pencerah, bahwa peluncuran materi sejalan dengan visi yang diemban oleh Komunitas ini, yakni ingin adanya peningkatan kualitas pola asuh serta pendidikan untuk anak usia dini.

“ Peluncuran materi dan penyelenggaraan program pelatihan bagi orangtua dan guru PAUD  ingin terwujudnya orangtua dan guru yang berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pengasuhan dan pendidikan anak usia dini,” tukasnya.

Harapannya dengan peluncuran dua materi ini, bisa menciptakan lingkungan yang positif dan kondusif bagi tumbuh kembang anak.

Selain itu, Fery juga mengatakan bahwa peluncuran materi serta program pelatihan ini merupakan bentuk Gerakan PAUD Berkualitas yang sedang dijalankan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sumber : www.jitunews.com