JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bertepatan dengan hari lahirnya Ibu Kartini, Sanggar Fortune yang fokus dalam pendidikan Anak Usia Dini pun turut berpartisipasi dengan membuat acara bertema ” Cinta untuk Ibu Kartini” yang digelar pada 21 April 2016 di One Belpark Mall Jakarta. Acara ini diikuti oleh siswa/i PAUD dan TK se-Jakarta Selatan.

Berangkat dari keprihatikan berdasarkan hasil riset Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, yang menyebutkan bahwa jumlah timbunan sampah di Indonesia telah mencapai 175.000 ton/hari atau setara 64 juta ton/tahun. Tantangan terbesar pengelolaan sampah adalah penanganan sampah plastik yang tidak ramah lingkungan karena membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk dapat terurai. Mirisnya, Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah Tiongkok yang mencapai 262,9 juta ton.

Oleh karena itu kegiatan utama yang dituangkan dalam pagelaran ini adalah lomba fashion show dan bazar produk kreatif dari sampah daur ulang. Melalui kegiatan ini, Sanggar Fortune berupaya mengedukasi masyarakat, khususnya anak-anak usia dini, agar lebih bijak dalam menangani sampah plastik dan mendorong perilaku 3R yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

“Usia dini merupakan golden age period dimana pada usia tersebut adalah waktu yang ideal bagi anak untuk mempelajari berbagai macam keterampilan dan membentuk kebiasaan-kebiasaan yang akan berpengaruh pada masa-masa kehidupan selanjutnya. Kami berharap kegiatan ini dapat mencetak Kartini-kartini cilik yang tidak hanya cerdas dalam pendidikan, melainkan juga punya rasa cinta dan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan,” ucap Indira Abidin, Ketua Yayasan Sanggar Fortune dalam keterangan pers yang diterima Jitunews, Kamis (21/4).

Dalam acara “Cinta untuk Ibu Kartini” ini, juga turut dimeriahkan oleh berbagai macam kegiatan menarik seperti lomba fashion show pakaian daerah, lomba estafet bola, lomba sun catcher paint, puppet show, bazar garage sale, dan bazar buku murah.

Sumber : http://www.jitunews.com/read/36884/rayakan-hari-kartini-sanggar-fortune-cetak-kartini-cilik-peduli-lingkungan-hidup