“Bercerita bukaRA_SS_Mendongeng-itu-Mudah_Kak-Aio-(1) n hanya soal menyelesaikan sebuah cerita, bercerita adalah menciptakan momen bersama,” ujar Mochamad Ariyo Faridh Zidni (akrab disapa Kak Aio) di sela-sela pertemuan training of trainer pada 3 Oktober 2017 di Menara Rajawali yang dihadiri hampir 15 orang dari berbagai Grup Rajawali Corpora.

KITA bercerita secara khusus mengundang Kak Aio demi memantapkan kemampuan bercerita pada anggota KITA bercerita. Kak Aio sendiri adalah salah satu pendongeng berbakat Indonesia yang telah sukses mendirikan komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Setelah hampir dua tahun berjalan, KITA bercerita telah aktif menjalankan kampanye bercerita baik melalui roadshow maupun media sosial. Saat ini KITA bercerita fokus membuat gerakan yang lebih impactful dengan menggelar training of trainer bercerita. Diharapkan, kedepannya para peserta training of trainer bercerita yang hadir hari itu dapat menyampaikan kembali ilmu yang di dapat kepada lebih banyak orang sehingga kesadaran dan kemampuan bercerita bisa lebih cepat terbangun di tengah masyarakat.

Dalam pertemuan training of trainer sore itu, Kak Aio memaparkan beberapa elemen penting yang sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah cerita, diantaranya mental pencerita, cerita yang dibawakan, suara, ekspresi dan gesture pencerita. Kak Aio juga berbagi tips dan trick agar kita bisa membawakan cerita dengan nyaman,  yaitu dengan memilh cerita yang kita suka, membawakan cerita yang kita kuasai, dan jangan lupa untuk memilih cerita yang sederhana dan sesuai dengan usia anak.

Pada training of trainer RA_SS_Mendongeng-itu-Mudah_Kak-Aio-(10)lanjutan yang dilaksanakan pada 10 Oktober 2017, para peserta ditantang untuk membawakan cerita dengan metode read aloud atau teknik membacakan cerita dari buku dengan suara lantang. Menariknya, para peserta yang sebelumnya telah berlatih dan menyiapkan buku cerita masing-masing justru diminta menggulirkan buku tersebut ke teman di sebelahnya sehingga masing-masing orang secara spontan harus membacakan cerita dari buku yang baru diterimanya pada saat itu. Hal tersebut kontan menguji kemampuan bercerita para peserta yang telah dipupuk pada pertemuan sebelumnya.

Hasil dari dua pertemuan training of trainer tersebut, KITA bercerita akan mempersiapkan modul bercerita yang mudah diaplikasikan juga diduplikasikan untuk lebih menggaungkan kampanye bercerita di tengah masyarakat.