oleh: Vicky Vitraza Kosmaya

HCD & GA Manager

Baru saja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih dilantik oleh Presiden untuk periode 5 tahun kedepan. Harapan besar pun muncul terhadap masa kepemimpinannya, baik optimistis maupun pesimistis. Pemimpin dianggap sebagai sosok penentu dalam berhasil atau tidaknya mencapai program-program yang telah dijanjikan.

Sama halnya di perusahaan, kita semua mengharapkan memiliki pemimpin/atasan yang kuat, dicintai bawahan, mampu menggerakkan tim ke tujuan yang jelas, mengambil akuntabilitas, dan mampu mendistribusikan beban kerja dengan prima sehingga bawahan merasakan kebersamaan yang menyenangkan, dan seterusnya.

Hey! Boleh saja kita berharap pemimpin begini dan begitu, tapi kita semua adalah pemimpin yang harus menyiapkan diri dengan melatih kepemimpinan yang dimiliki. Kita adalah pemimpin di masa depan. Leadership is an Attitude. Not a Role or Title. Leadership starts with YOU. Berikut adalah tips untuk mengasah Self Leadership:

  1.       Self-Awareness

Ketahuilah kekuatan, hasrat, impian, gaya kepemimpinan yang dimiliki, dan terus belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada. Semakin kita sadar terhadap diri, semakin kita sadar terhadap orang lain. Kita akan terus memperbaiki diri, engage terhadap resiko, dan tetap rendah hati.

  1.       Be Compassionate

Adalah penting memaksa diri untuk bekerja keras dalam mencapai suatu target. Namun, kita juga perlu memberi diri waktu beristirahat. Berempatilah terhadap diri dan juga orang-orang di sekitar kamu.

  1.       Get a Coach/ Mentor/ Sponsor

Semua atlit dunia yang hebat pasti memiliki pelatih/mentor/sponsor. Mereka adalah penasihat-penasihat yang terpercaya yang menjadi tempat kemana kita mencari bimbingan dan saran.

  1.       Be Humble

Kerendahan hati sebagai pemimpin sangat penting. Tidak peduli sehebat apapun, kita tidak lebih atau kurang penting daripada orang lain. Selalu pikirkan apa yang mungkin terjadi pada orang lain. Selalu membantu orang lain di mana kita bisa.

  1.       Lead by Example

Integritas adalah pusat dari kepemimpinan. Sangat penting bahwa kita memegang janji, sehingga semua perilaku kita sesuai dengan perkataan dan nilai-nilai integritas. Jika kita mengatakan akan melakukan sesuatu, lakukanlah.

  1.       Never Stop Learning

Jangan pernah berhenti belajar, buka diri untuk umpan balik, buka dan perluas pemikiran, hati dan jiwa untuk bertumbuh dan berkembang secara terus-menerus. Life is always a wonderful journey of self discovery.