RISET Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa jumlah timbunan sampah di Indonesia telah mencapai 175.000 ton per hari atau setara dengan 64 juta per tahun.

Tantangan terbesar pengelolaan sampah adalah penanganan sampah plastik yang tidak ramah lingkungan karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebelum terlambat, alangkah baiknya Anda mengajarkan anak dan cucu untuk peduli lingkungan. Berikan edukasi pada anak agar lebih bijak dalam menangani sampah plastik dan mendorong perilaku 3R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (mendaur ulang) sejak dini.

Ada berbagai macam cara, salah satunya bisa dengan mengadakan fashion show baju daur ulang dengan peserta anak-anak. Dengan cara ini, anak jadi tahu bahwa ada sampah yang dapat didaur bahkan menjadi sesuatu yang berarti.

Lantaran itu, Sanggar Fortune yang mewadahi anak-anak usia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengadakan acara fashion show baju anak daur ulang dan baju tradisional khas Indonesia. Dengan tema “Cinta untuk Ibu Kartini” perhelatan ini dilaksanakan tepat untuk memperingati Hari Kartini dengan peserta PAUD se-Jakarta Selatan.

“Usia dini merupakan golden age period di mana pada usia tersebut adalah waktu yang ideal bagi anak untuk mempelajari berbagai macam keterampilan dan membentuk kebiasaan yang akan berpengaruh pada kehidupannya kelak. Kami berharap dari kegiatan ini dapat mencetak Kartini-Kartini cilik yang tidak hanya cerdas dalam pendidilan, melainkan juga punya rasa cinta dan kepedulian tinggi terhadap lingkungan,” ungkap Ketua Yayasan Sanggar Fortune, Indira Abidin disela kegiatan yang diadakan di Jakarta, Kamis (21/4/2016).

(vin)

Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2016/04/21/196/1368845/cara-cerdas-cetak-kartini-cilik-peduli-lingkungan