Masih dalam suasana kemerdekaan Indonesia, Warga Mengajar pada Rabu, 26 Agustus 2016 ini mengusung tema “Merayakan Kemerdekaan Indonesia” demi membangun kecintaan terhadap negeri bagi anak-anak di Sanggar Fortune 4, Cilandak. Mereka terdengar sangat bersemangat menyanyikan lagu kemerdekaan meski belum lancar dalam pelafalan dan belum sepenuhnya hafal. Aldhy Hidayat, Media Planner, yang memandu kegiatan belajar hari itu, mengenalkan anak-anak lambang pancasila dan bendera merah putih sebagai simbol negara.

 

“Kak, udah!” teriak salah satu anak laki-laki di PAUD itu sambil memegang krayon. Terlihat coretan merah memenuhi kertas HVS yang telah diberikan oleh para pengajar. “Loh kok kamu warnain semua? Ngga jadi bendera merah putih dong?” ujar salah satu ibu yang sontak membuat orangtua dan para pengajar tertawa.
Dibantu Aldhy, anak-anak yang berusia di bawah 4 tahun itu berusaha membuat bendera merah putih dari HVS dan krayon. “Tanganku warna merah loh kak, lihat!” ujar Tegar, salah satu anak di PAUD. Anak-anak sibuk sendiri melihat kertas dan jari tangan mereka yang dipenuhi warna merah. Kemudian Aldhy mengajak anak-anak bercerita tentang keseruan pengalaman mereka mengikuti lomba pada 17 agustus. “Ternyata ngga mudah ngurus anak-anak, harus banyak sabar. Tapi main bareng sama anak-anak bikin fun dan lupa waktu,” ujar Aldhy.