Bisnis.com, JAKARTA– Tahukah Anda bahwa ada pola komunikasi yang bisa membangun semangat dan motivasi pasien, yang sangat penting dalam proses penyembuhannya. Pola tersebut adalah komunikasi coaching merupakan pola komunikasi yang memberdayakan.

Dalam acara World Game Coaching Conference 2016 di Bali, Chief Happiness Officer PT Fortune Indonesia Tbk. – grup perusahaan pengembang komunikasi terpadu di Indonesia – Indira Abidin mengatakan metode coaching ini sudah teruji riset, dokter, keluarga dan komunitas.

World Health Organization (WHO) menyatakan kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Ada 14 juta kasus kanker baru dan 8,2 juta kematian yang dianggap vonis mati. Namun, yang tidak diperhatikan adalah ada 5,8 juta yang dapat terus hidup setiap tahun.

Perempuan yang juga Ketua Umum Yayasan Lavender Indonesia atau Lavender Ribbon Cancer Support Group menyatakan komunikasi ini meliputi cara dokter, keluarga serta komunitas berkomunikasi dengan pasien kanker dapat membantu pasien kanker mengatasi kanker.

“Fasilitas layanan kanker di Indonesia baru mampu melayani 15% pasien kanker. Hanya 0,6% tempat tidur dan 0,29% dokter untuk setiap 1.000 penduduk. Padahal ada 4,3% pasien kanker untuk setiap 1.000 penduduk tersebut,” bebernya.

“Inilah yang membuat kanker benar-benar dianggap vonis mati di Indonesia,” imbuhnya.

Indira menghimbau pemerintah Indonesia untuk memastikan agar para dokter membangun kompetensi coaching, agar mampu membangun motivasi pasien untuk bangkit mengatasi kanker. Melalui proses pemberdayaan dan manajemen diri, pasien belajar bagaimana mereka bisa membangun kesehatan yang terbaik bagi mereka dan bagaimana mereka dapat hidup dengan baik bersama kanker.

Indira mengajak coach seluruh dunia untuk bersama-sama Yayasan Lavender Indonesia membantu pasien kanker meningkatkan kesempatan hidupnya dengan melakukan coaching bagi para pasien kanker. Indira yang juga adalah seorang coach dengan sertifikasi professional coach dari Federasi Coach Internasional (ICF) dan Erickson College International, Kanada. Federasi Coach Internasional menjelaskan bahwa coaching berbeda dengan konsultasi, mentoring, atau training. Coaching adalah proses pembangunan inspirasi untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional.